Elektabilitas Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta dari Hasil Survei

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX
Daftar Isi

Jakarta, CNN Indonesia --

DPP Partai Gerindra baru-baru ini telah mengeluarkan surat rekomendasi bagi mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk maju di Pilkada Jakarta 2024.

Artinya, Ridwan Kamil telah mengantongi dua surat rekomendasi dari Partai Golkar dan Partai Gerindra untuk maju di Pilgub Jakarta. Sebelumnya, Golkar telah memberikannya dua surat rekomendasi untuk maju di Jabar dan Jakarta.

Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad meyakini Golkar ke depannya juga bakal bersikap sama dan bakal mengusung RK di Jakarta, bukan Jabar.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Nama RK memeriahkan kandidat bursa Pilgub Jakarta berbareng dengan nama-nama lainnya nan sudah beredar di tengah masyarakat. Semisal terdapat nama mantan Gubernur Jakarta sekaligus mantan calon presiden, Anies Baswedan, hingga mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama namalain Ahok.

Di sisi lain, beberapa lembaga survei telah melakukan survei untuk mengukur elektabilitas Ridwan ketika maju di Pilkada DKI Jakarta 2024.

Lembaga Arus Survei Indonesia

Arus Survei Indonesia (ASI) telah melakukan survei terhadap 400 responden di Jakarta pada 23-29 April 2024 untuk mengukur elektabilitas para cagub DKI Jakarta.

Berdasarkan simulasi 15 nama, survei ini menempatkan Ridwan Kamil di posisi puncak dengan elektabilitas 30,5 persen. Kemudian disusul oleh Anies dengan 29 persen dan Pj Gubernur DKI Jakarta saat ini, Heru Budi Hartono 7 persen.

1. Ridwan Kamil 30,5 persen
2. Anies Baswedan 29 persen
3. Heru Budi Hartono 7 persen
4. Ahmad Sahroni 6,8 persen
5. Tri Rismaharini 4 persen


Lembaga Survei Jakarta (LSJ)

Sementara hasil survei dari LSJ turut menempatkan nama Ridwan Kamil di posisi puncak elektabilitas cagub DKI Jakarta dengan perolehan 23,4 persen. Survei LSJ digelar pada 8-15 Januari 2024 lalu.

Setelah RK, menyusul nama Menteri Sosial Tri Rismaharini dengan elektabilitas 19,2 persen di posisi kedua dan Anies di posisi ketiga dengan 18,4 persen.

1. Ridwan Kamil 23,4 persen
2. Tri Rismaharini 19,2 persen
3. Anies Rasyid Baswedan 18,4 persen
4. Basuki Tjahaja Purnama 8,7 persen
5. Heru Budi Hartono 5,5 persen
6. Kaesang Pangarep 3,9 persen

Survei Proximity Indonesia

Berbeda dari dua survei sebelumnya, has survei dari lembaga Proximity Indonesia menunjukkan elektabilitas Ridwan Kamil berada di posisi ketiga dengan 12,50 persen.

Ia kalah dari Anies nan berada di posisi pertama dengan elektabilitas 18,50 persen dan Ahok di posisi kedua dengan 14 persen.

Survei ini dilaksanakan pada 16-25 Mei 2024 dengan total responden sebanyak 800 orang nan tersebar secara proporsional pada 80 kelurahan di Jakarta.

1. Anies Baswedan 18,50 persen
2. Basuki Thahaja Purnama 14 persen
3. Ridwan Kamil 12,50 persen.

(rzr/isn)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional