Elite Golkar Yakin Partai KIM Bakal Dominasi Kemenangan Pilkada 2024

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 25 Jul 2024 16:59 WIB

Menurut Golkar, meski beda-beda paslon usungan, siapapun nan menang merupakan family besar Koalisi Indonesia Maju (KIM). Ilustrasi. Elite Golkar Idrus Marham menyatakan meski beda-beda paslon usungan, siapapun nan menang merupakan family besar Koalisi Indonesia Maju (KIM). (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Dewan Pertimbangan Bappilu Partai Golkar Idrus Marham memandang ada kemungkinan partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM) bakal mendominasi kemenangan di Pilkada 2024.

Menurut Idrus, meskipun tak satu koalisi, siapapun pasangan calon nan menang jadi bagian dari family besar KIM.

"Kemungkinan nan kedua adalah all KIM final. Sebutlah misalkan, jika jadi di Banten. Calon di sebelah sana, teman-teman dari Gerindra, Andra (Andra Soni). Kemudian calon sebelah sini, dari Golkar itu kerabat Airin (Airin Rachmi Diany)," kata Idrus dalam bertemu pers di area Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (25/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Berarti siapa pun nan terpilih adalah bagian family besar KIM," imbuhnya.

Idrus pun tak sepakat jika perbedaan sikap parpol KIM di sejumlah wilayah disebut sebagai perpecahan. Menurut dia, perihal itu merupakan corak kerakyatan di internal parpol pengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Ia mengatakan sebetulnya parpol KIM mau membentuk koalisi permanen. Namun, perbedaan juga merupakan perihal nan lumrah.

"Dengan demikian jika terjadi pedebatan jangan serta merta ini dilihat ini tejadi perpecahan. Apabila ada perbedaan di satu tempat, lampau kemudian dianggap bahwa ada hubungan nan agak retak, itu tidak," katanya.

Parpol KIM tampak berbeda sikap di sejumlah wilayah untuk Pilkada 2024. Di Banten misalnya, Gerindra menggandeng PKS dan sejumlah partai KIM lain mengusung Andra Soni dan Dimyati Natakusumah.

Sementara itu, Golkar menjagokan Airin Rachmi Diany, wakil ketua umum sekaligus eks Wali Kota Tangerang Selatan.

Kemudian, di Jawa Barat, Gerindra dan Golkar tetap terlibat perdebatan alot. Golkar mau memajukan Ridwan Kamil di Jawa Barat. Partai berlambang pohon beringin itu mengusulkan nama Jusuf Hamka untuk di Jakarta. Namun, Gerindra mau Ridwan Kamil maju di Jakarta.

(thr/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional