Elon Musk Disebut-sebut Akan ke Denpasar Bali untuk Resmikan Starlink

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Elon Musk, taipan pemilik SpaceX dijadwalkan mengunjungi Indonesia untuk meresmikan jasa internet Starlink besutannya pada hari Minggu besok.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim Musk bakal meluncurkan jasa tersebut di Kota Denpasar, Bali. Ini bakal menjadi kunjungan langsung pertama Elon Musk ke Indonesia.

"Elon Musk bakal meresmikan berbareng Presiden, Starlink untuk mempermudah komunikasi di wilayah terpencil. Ini bakal dilakukan pada hari Minggu (19 Mei 2024)," kata Luhut dilansir dari Antara.

Meski demikian, Luhut tidak menjelaskan secara perincian mengenai dengan jasa Starlink antara pemerintah Indonesia dan Elon Musk itu. Pemerintah sebelumnya telah beberapa kali menyebut bahwa Musk bakal mengunjungi Indonesia untuk menghadiri aktivitas alias mendiskusikan kemungkinan investasi oleh perusahaan otomotifnya, ialah Tesla.

Musk sendiri pernah menyinggung seoal kedatangannya ke tanah air melalui video pada konvensi nan digelar di Indonesia. Musk juga dijadwalkan menjadi pembicara pada World Water Forum di Bali, demikian kata Luhut dalam pernyataannya.

Iklan

Lebih lanjut, Menteri Informasi dan Komunikasi (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan peluncuran Starlink bakal diadakan di sebuah klinik di ibu kota Bali, Denpasar. Elon Musk juga dijadwalkan bakal menandatangani perjanjian konektivitas untuk sektor kesehatan.

Starlink mendapatkan izin untuk menawarkan jasa internetnya secara komersial di Indonesia awal bulan ini untuk konsumen ritel, kata Budi kepada Reuters pekan lalu. Starlink bakal bekerja sama dengan penyedia akses jaringan lokal dan Indonesia dengan angan perusahaan dapat menyediakan jasa internet ke daerah-daerah terpencil.

Pilihan editor: Satelit Starlink Milik Elon Musk Terganggu Akibat Badai Matahari, Begini Penjelasannya

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis