Empat Parpol Gelar Agenda Akbar Jelang Pilkada 2024

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX
Daftar Isi

Jakarta, CNN Indonesia --

Empat partai politik bakal menggelar agenda akbar rapat nasional pada pekan ini alias seminggu sebelum KPU membuka masa pendaftaran Pilkada 2024.

Keempat partai politik tersebut merupakan Golkar, PAN, PKB, dan NasDem. Adapun agenda rapat akbar tersebut bakal memilih ketua partai nan baru hingga sikap partai terhadap pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

Berikut CNNIndonesia.com rangkum daftar agenda akbar rapat nasional empat partai politik.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Golkar

Partai Golkar tercatat menjadi nan pertama menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) dan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) pada pekan ini.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo alias Bamsoet menjelaskan agenda Rapimnas bakal digelar pada Selasa (20/8) pagi sekitar pukul 08.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. Rapimnas bakal dibuka oleh Plt Ketua Umum Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita.

Agenda Rapimnas digelar usai Airlangga Hartarto secara tiba-tiba memutuskan mundur dari kedudukan Ketua Umum Golkar. Airlangga terhitung mengundurkan diri sejak Sabtu (10/8), tetapi video pengunduran dirinya baru disebarkan pada Minggu (11/8).

Bamsoet mengatakan dalam agenda Rapimnas tersebut bakal dilakukan pengesahan pengunduran diri Airlangga Hartarto. Selanjutnya juga bakal digelar pengesahan Plt Ketua Umum Golkar serta agenda Munaslub.

Setelah Rapimnas rampung, dia mengatakan partainya bakal langsung menggelar Munaslub di JCC, Senayan, Jakarta pada hari nan sama sekitar pukul 15.00 WIB hingga Rabu (21/8).

Ia menyebut nantinya Munaslub tersebut bakal diikuti oleh para ketua wilayah Golkar dari seluruh Indonesia dan bakal dibuka langsung oleh Agus Gumiwang Kartasasmita selaku Plt Ketua Umum.

Bamsoet mengatakan agenda Munaslub juga akan menggelar pemilihan Ketua Umum baru Partai Golkar untuk periode 2024-2029.

PAN

Partai berikutnya nan bakal menggelar rapat akbar ialah Partai Amanat Nasional (PAN). Partai berlambang mentari putih itu bakal menggelar Kongres VI di Hotel Indonesia, Jakarta, pada 23-24 Agustus 2024.

Sekjen PAN Eddy Soeparno mengatakan salah satu agenda kongres ialah mengukuhkan Zulkifli Hasan (Zulhas) sebagai Ketua Umum periode 2024-2029. Ia menjelaskan perihal ini sudah diputuskan dalam rapat kerja nasional beberapa waktu lalu.

"Sudah diputuskan aklamasi bahwa Pak Zulhas bakal jabat sebagai ketum PAN kembali untuk 2024-2029. Karena itu nan kami laksanakan penetapan, pengukuhan ketum PAN 2024-2029 [di kongres]," ujar dia.

Dalam kongres tersebut, Eddy mengatakan nantinya juga bakal dilakukan forum penguatan kader PAN menjelang Pilkada Serentak 2024. Sementara susunan kepengurusan PAN periode 2024-2029 bakal ditetapkan usai kongres oleh Zulhas.

PKB

Selanjutnya giliran Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) nan bakal menggelar agenda Muktamar ke-6 pada tanggal 24-25 Agustus. Ketua Steering Commitee Muktamar ke-6 PKB Faisol Riza mengatakan Muktamar ke-6 bakal digelar di Bali.

Riza mengatakan lewat Muktamar itu Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB bakal menentukan sikap partai di era pemerintahan Prabowo Subianto. Selain itu Muktamar juga dilakukan untuk menegaskan kembali kedudukan ketua umum partai nan saat ini dijabat Muhaimin Iskandar.

"Antara lain itu memutuskan kita ada di dalam pemerintahan berasosiasi dengan pemerintahan nan ada alias tidak," ujarnya dalam konvensi pers di Kantor DPP PKB, Jumat (9/8).

Wakil ketua Umun PKB Jazilul Fawaid menyebut pada Muktamar ke-6 PKB tersebut nantinya juga bakal dilakukan pengesahan kembali Cak Imin sebagai ketua umum.

"Iya, pasti, pasti," kata Jazilul di Kantor DPP PKB, Jakarta.

Jazilul menjelaskan forum tertinggi untuk mengambil keputusan di Partai PKB itu bakal membahas sejumlah perihal penting.

"Sidang pleno dan komisi mengenai dengan LPJ, mengenai dengan program dan perjuangan partai termasuk struktur partai," jelas dia.

NasDem

Terakhir, Partai NasDem tercatat juga bakal menggelar Kongres III di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta, pada 25-27 Agustus mendatang.

Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya menjelaskan forum ini bakal dibuka oleh Presiden Jokowi dan ditutup oleh Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto. Kongres NasDem diselenggarakan secara bentuk dan virtual dan bakal dihadiri lebih dari 100 ribu orang.

"Karena ini ada proses zoom meeting dari level DPRt (Dewan Pimpinan Ranting) dan itu bakal berjenjang, kita bikin ini pendekatan nan kolosal, masif dan massal," beber Willy dalam keterangan resminya, Kamis (20/6).

Sementara itu Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim mengatakan pihaknya secara unik mengundang Prabowo-Gibran dalam rangka pemaparan kerja sama antara NasDem dan pemerintahan mendatang.

"Presiden terpilih kita bakal undang beliau. Nah, di sini semangat sinerginya. Kita bakal undang beliau sebagai bagian dari pra kongres. Dan kita bakal dapatkan kelak poin-poin apa nan bisa kita kerjakan bersama," kata dia.

(tfq/wis)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional