Fakta-fakta Badan Gizi Nasional yang Baru Dibentuk Jokowi

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX
Daftar Isi

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membentuk lembaga baru berjulukan Badan Gizi Nasional. Lembaga ini untuk pertama kalinya dipimpin oleh Dandan Hindayana yang baru saja dilantik Jokowi di Istana, Senin (19/8).

Pembentukan Badan Gizi Nasional tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2024 nan bertindak 15 Agustus 2024.

"(1) Dengan Peraturan Presiden ini dibentuk Badan Gizi Nasional. (2) Badan Gizi Nasional merupakan lembaga pemerintah nan berada di bawah dan bertanggung jawab kepada presiden," demikian bunyi pasal 2 Perpres Nomor 83 Tahun 2024 nan dilihat, Sabtu (17/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut fakta-fakta Badan Gizi Nasional

1. Sasar 4 Kelompok Prioritas

Badan ini bekerja melaksanakan pemenuhan gizi nasional dengan empat golongan masyarakat prioritas dalam menjalankan tugas mereka.

Pada Pasal 5 Perpres 83/2024 ditulis bahwa sasaran pemenuhan gizi nan menjadi tugas dan kegunaan Badan Gizi Nasional itu diberikan kepada empat subyek.

"a. peserta didik pada jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah di lingkungan pendidikan umum, pendidikan kejuruan, pendidikan keagamaan, pendidikan khusus, pendidikan jasa khusus, dan pendidikan pesantren; b. anak usia di bawah lima tahun; c. ibu hamil; dan d. ibu menyusui," demikian dikutip dari Pasal 5 Perpres itu.

2. Urus Makan Bergizi Gratis

Gagasan Badan Gizi Nasional ini diungkap tim presiden terpilih Prabowo Subianto untuk mempersiapkan program makan bergizi gratis.

Anggota Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran Panangian Simanungkalit mengatakan ada rencana pembentukan Badan Gizi Nasional untuk menangani program itu.

"Sedang jalan kan. Itu juga merupakan suatu badan nan baru," ucap Panangian, ditemui di Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (21/6) seperti dikutip dari detikcom.

3. Dipimpin Dosen IPB

Badan Gizi Nasional dipimpin oleh Dandan Hindayana nan baru saja dilantik Jokowi di Istana, Senin (19/8).

Dadan diketahui merupakan pengajar Institut Pertanian Bogor (IPB) program studi S2 Entomologi.

(fby/gil)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional