Fakta-fakta Penangkapan Anggota DPR NasDem oleh Kejagung

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 27 Jul 2024 10:57 WIB

Ujang Iskandar, personil DPR RI dari Fraksi NasDem, ditangkap tim Kejagung di Bandara Soetta, Jumat (26/7), selepas dari Vietnam. Penangkapan personil DPR Fraksi NasDem Ujang Iskandar oleh tim Kejaksaan Agung di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, Jumat (26/7). (Foto: CNN)
Daftar Isi

Jakarta, CNN Indonesia --

Kejaksaan Agung (Kejagung) tengah mengusut kasus dugaan korupsi nan diduga melibatkan personil DPR RI Fraksi NasDem Ujang Iskandar. Hal itu diketahui dari penangkapan nan dilakukan pada Jumat (26/7).

CNNIndonesia.com merangkum sejumlah kebenaran mengenai upaya paksa tersebut.

Ditangkap di Soetta

Kapuspenkum Kejagung Harli Siregar mengatakan Tim Intelijen Kejaksaan Agung (Satgas SIRI) dan Tim Intelijen Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah menangkap Ujang di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten, Jumat (26/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Diamankan oleh Tim Tabur di Terminal 3 Soetta sekira pukul 15.45 WIB setelah kembali dari Vietnam," ujar Harli kepada CNNIndonesia.com melalui pesan tertulis.

Alasan penangkapan

Penangkapan terhadap Ujang bukan tanpa alasan. Menurut Kejagung, Ujang sudah dipanggil beberapa kali untuk diperiksa sebagai saksi namun selalu mangkir.

"Jaksa interogator telah melakukan pemanggilan secara patut kepada UI [Ujang Iskandar] untuk diminta keterangan sebagai saksi namun nan berkepentingan tidak pernah datang alias hadir," kata Harli.

Kasus korupsi

Ujang nan merupakan personil DPR dari Dapil Kalimantan Tengah ini ditangkap atas kasus dugaan korupsi penyimpangan biaya penyertaan modal dan Pemda Kotawaringin Barat kepada Perusda Perkebunan Agrotama Mandiri tahun 2009. Kasus itu ditangani oleh Kejaksaan Tinggi Kalteng.

Cegah ke luar negeri

Harli menjelaskan penangkapan tersebut juga dalam rangka menindaklanjuti surat pencegahan ke luar negeri terhadap Ujang.

"Pengamanan tersebut dilaksanakan berasas Surat Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah tentang permohonan pencegahan ke luar negeri dan Surat Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah tentang Permintaan Bantuan Monitoring dan Pengecekan Keberadaan Saksi UI kepada Adhyaksa Monitoring Center," ucap dia.

Ujang Iskandar sekarang duduk di Komisi III DPR nan membidangi soal hukum. Ujang merupakan politikus NasDem nan lolos ke Senayan setelah menggantikan Ary Egahni pada Mei 2023 lalu.

Ujang juga pernah menjadi Bupati Kotawaringin Barat dua periode.

(ryn/tfq/wis)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional