Frisian Flag Indonesia Resmikan Pabrik Baru di Cikarang, Nilai Investasi Rp 3,8 Triliun

Sedang Trending 5 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - PT Frisian Flag Indonesia (FFI) meresmikan pabrik baru mereka di Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang, Kabupaten Bekasi. Pabrik seluas 25,4 hektare dengan nilai investasi sebesar € 257 juta alias Rp 3,8 triliun ini disebut sebagai investasi produksi dunia terbesar Friesland Campina, induk perusahaan PT FFI.

Pabrik baru ini bakal memproses 400.000 kilogram susu setiap hari. Dengan kata lain, dalam satu tahun, pabrik ini bakal menghasilkan 700 juta kilogram produk susu. Potensi produksi tetap dapat bertumbuh hingga 1 miliar kilogram produk susu setiap tahun. Adapun jenis susu nan diproduksi ialah susu cair dan susu kental manis.

Presiden Direktur PT FFI, Berend van Wel, mengatakan pembangunan pabrik ini bermaksud meningkatkan konsumsi susu di Indonesia. Menurut info Badan Pusat Statistik (BPS) 2021, nomor konsumsi susu di Indonesia saat ini sebesar 16,27 kilogram per kapita per tahun.

Angka ini tetap kalah dengan Malaysia sebesar 50 kilogram per kapita per tahun, Thailand sebesar 44 kilogram per kapita per tahun, dan Filipina 24 kilogram per kapita per tahun. “Poin utama untuk kami di belakang pembukaan ini adalah gimana kita berkontribusi untuk kesehatan dan nutrisi masyarakat Indonesia,” ujar Berend dalam aktivitas peresmian itu.

Direktur Corporate Affairs PT FFI, Andrew Saputro, menuturkan FrieslandCampina telah dua kali menerbitkan studi berjudul Southeast Asian Nutrition Surveys (SEANUTS), ialah pada 2012 dan 2022.

Iklan

Studi pertama menjadi landasan PT FFI menginisiasi sosialisasi kebiasaan hidup sehat melalui Gerakan Nusantara pada 2013. Adapun studi kedua mengungkapkan, satu dari empat anak Indonesia mengalami stunting. Studi ini mendorong PT FFI ikut menangani persoalan gizi di Indonesia. “Dengan pabrik baru ini, kami bisa menyediakan lebih banyak produk susu nan bergizi bagi family Indonesia,” kata dia.

Pabrik FFI Cikarang merupakan pabrik ketiga nan didirikan PT FFI sejak pabrik pertama di Pasar Rebo, Jakarta Timur pada 1971 dan pabrik ketiga di Ciracas, Jakarta Timur pada 1972. Adapun Frisian Flag, nan lebih dikenal dengan Susu Bendera, telah dipasarkan di Indonesia sejak 1922.

Pilihan editor: Bantu Edukasi Pelaku UMKM, Frisian Flag Rilis Program Kedai Susu Kental Manis

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis