Ganjar: PDIP Akan Koalisi dengan Rakyat Jika Tak Dapat Koalisi di DKI

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 19 Agu 2024 22:35 WIB

Ketua DPP PDIP Ganjar Pranowo menyebut partainya bakal berkoalisi dengan rakyat jika tak dapat rekan koalisi untuk mengusung calon di Pilgub DKI Jakarta 2024. Ganjar Pranowo menyebut PDIP bakal berkoalisi dengan rakyat jika tak dapat koalisi di Pilgub DKI. (CNN Indonesia/ Tunggul)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua DPP PDIP Ganjar Pranowo menyebut partainya bakal berkoalisi dengan rakyat jika tidak dapat rekan koalisi untuk mengusung calon di Pilgub DKI Jakarta 2024.

Peluang PDIP untuk membentuk poros baru di DKI saat ini kian sempit setelah Ridwan Kamil nan didukung Koalisi Indonesia Maju (KIM) didukung 10 dari 11 partai DPRD DKI. Hanya PDIP dengan 15 bangku nan tidak ikut bergabung.

"Kalau kita tidak bisa mencalonkan lantaran tidak ada kawan ya kita bakal berkoalisi dengan rakyat," kata Ganjar di instansi DPP PDIP, Jakarta, Senin (19/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selanjutnya, kata Ganjar, partai-partai kudu mengawal pemerintahan di Jakarta lewat DPRD. Ganjar menyebut bahwa partainya tak mau terlalu memaksakan jika kondisinya sudah didesain demikian.

"Kan jika sudah desainnya seperti ini, ya kita terima saja. Jadi menurut saya biasa saja," kata dia.

Ganjar tak mau memperkirakan soal RK-Suswono nantinya hanya bakal melawan calon boneka dari jalur independen. Menurut dia, perihal itu baru bakal terlihat jika syarat support NIK KTP sengaja dimanipulasi.

Oleh lantaran itu, dia menilai kesempatan RK-Suswono bakal melawan kotak kosong tetap tetap terbuka.

"Seandainya itu betul maka indikasi itu bakal terbaca oleh rakyat. Seandainya tidak betul ada kesalahan, jangan-jangan memang syaratnya tidak memenuhi, sehingga kreasi kotak kosong tetap berjalan," kata Ganjar.

(thr/pua)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional