Geger Mama Ghufron 'Video Call' Malaikat, Ketua MUI Sebut Orang Ngaco

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 09 Jul 2024 11:36 WIB

Ketua MUI Bidang Dakwah Cholil Nafis mengkritisi potongan pidato 'video call malaikat' Mama Ghufron nan diduga telah menyimpang dari aliran agama. Mama Ghufron nan diduga telah menyimpang dari aliran kepercayaan lantaran menyebarkan pidato kontroversial. Unsplash/Pixabay

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah Cholil Nafis mengkritisi potongan pidato 'video call malaikat' Mama Ghufron yang diduga telah menyimpang dari aliran agama.

Cholil menilai pidato Mama Ghufron kacau serta mempertanyakan aliran nan disebarkannya. Baginya, urusan kematian adalah soal keagamaan nan jadi bekal tiap-tiap orang.

Ia pun mengatakan beragam pidato Mama Ghufron terindikasi menyimpang dari aliran kepercayaan Islam.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Ini orang ngaco. Semua urusan jawabannya maqali, termasuk sabda Nabi SAW. Tak jelas aliran apaan ini. Soal meninggal itu tentang keagamaan dan kebaikan perbuatan yg bakal menjadi bekalnya.Yah mana ada video call-an segala. Lihat video-videonya banyak indikasi penyimpangan aliran kepercayaan Islam," kata Cholil dalam cuitan di akun media sosial X pribadinya @cholilnafis.

[Gambas:Twitter]

CNNIndonesia.com sudah diizinkan Cholil untuk mengutip pernyataannya tersebut.

Cholil mengatakan pihak MUI daerah sudah bergerak menyelidiki sosok Mama Ghufron usai potongan ceramahnya 'video call malaikat' viral di media sosial.

Meski demikian, Cholil mengatakan penyelidikan dari MUI tersebut belum cukup untuk menindak Ghufron jika tidak ada pihak nan melaporkannya ke polisi untuk ditindak.

"Biasanya berasas laporan itu abdi negara meminta pendapat MUI. MUI wilayah sudah bergerak verifikasi tapi itu tak cukup lanjut untuk proses hukumnya jika tidak ada nan melaporkan," kata Cholil 

Sosok Mama Gufron saat ini tengah viral buntut potongan klip video dirinya nan mengatakan sempat melakukan video call dengan malaikat maut. Bahkan, terdapat potongan ceramahnya nan lain menampilkan Mama Ghufron bisa berkomunikasi dengan semut, hantu hingga malaikat.

Dihimpun dari beragam sumber, Mama Ghufron diketahui mempunyai pondok pesantren berjulukan Ponpes Uniq Nusantara di Jawa Timur.

(rzr)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional