GEM Indonesia Targetkan Busworld 2026 Hadirkan 70 Persen Kendaraan Energi Hijau

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Direktur PT Global Expo Management (GEM) Indonesia Baki Lee menargetkan dalam agenda Busworld 2026 mendatang kendaraan nan dipamerkan 70 persen green energy atau daya hijau.

Dalam pameran Busworld 2024 kendaraan nan dipamerkan tetap didominasi 70 persen diesel dan 30 persen daya hijau. "Rencananya 2026 itu kami targetkan 70 persen daya hijau, termasuk bus. Selain itu, kali ini kami juga tidak menampilkan bus hidrogen ya, lantaran kami tahu Indonesia belum terlalu siap untuk menerapkan hidrogen," kata Baki ditemui Tempo di Jakarta Internasional Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat pada Jumat, 17 Mei 2024. 

Global Expo Management (GEM) Indonesia menggandeng Busworld International mengadakan pameran bus terbesar di Asia Tenggara. Pameran bus berskala Internasional nan diadakan tiap dua tahun sekali itu berjalan selama tiga hari, mulai 15 Mei hingga 17 Mei 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, dan bakal dihadiri oleh sekitar 100 eksibitor dari seluruh dunia.

Baki mengatakan dalam agenda Busworld ada empat perusahaan otobis nan ikut, ialah New Armada, PT Adiputro Wirasejati, Laksana, dan PT Tentrem Sejahtera. "Kemudian nan luar negeri ada SAG Golden Dragon (asal Cina) dan satu lagi Zhongtong tapi tidak ada unitnya," ujar Baki. 

Menurut dia, pameran ini merupakan business to business (B2B) sehingga kebanyakan berangkaian dengan proyek-proyek besar, seperti perusahaan dan pemerintahan. Dalam pameran tidak dilakukan penjualan dan ada beberapa merek nan tidak ada display-nya.

Sementara, ada empat merek bus listrik nan tersedia di pameran, ialah SAG Golden Dragon nan unitnya sudah dipakai Transjakarta, bus listrik konversi Universitas Indonesia nan saat ini belum ada pemakaian baru proses pengurusan pelat biru, bus listrik dari PT Wintrone Orions Indonesia belum ada pemakaian lantaran baru diluncurkan di Indonesia pada Agustus 2022, dan INVI bus listrik dari Hyundai bekerja sama dengan Laksana untuk karoserinya.

Selanjutnya: Saat ditanya berapa nilai transaksi dan sasaran nan mau dicapai....

  • 1
  • 2
  • Selanjutnya
Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis