Gempa Batang: 49 Rumah Rusak, 12 Warga Luka Tertimpa Bangunan

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 08 Jul 2024 13:25 WIB

Dua unit rumah penduduk di Kelurahan Gamer, Kota Pekalongan turut terdampak dari gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,4 di wilayah Kabupaten Batang. BNPB mencatat sebanyak 49 rumah rusak akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,4 mengguncang wilayah Batang, Jawa Tengah pada Minggu (7/7). Ilustrasi (AFP PHOTO / ZIAN MUTTAQIEN)

Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 49 rumah rusak akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,4 mengguncang wilayah Batang, Jawa Tengah pada Minggu (7/7).

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan jumlah itu berasas info nan dihimpun per Senin (8/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Sedikitnya ada 49 unit rumah rusak termasuk 11 akomodasi umum di wilayah Kabupaten Batang. Adapun rinciannya meliputi 5 rumah rusak berat, 12 rumah rusak sedang dan 32 rumah rusak ringan. Sementara itu untuk kerusakan akomodasi umum ada 1 tempat ibadah, 3 sekolah, 1 pasar dan gedung lain 1 unit," kata Muhari dalam keterangannya hari ini.

Selain itu, dua unit rumah penduduk di Kelurahan Gamer, Kota Pekalongan turut terdampak dari gempa bumi nan berpusat di 6.87 LS dan 109.75 BT tersebut.

Muhari menyampaikan gempa bumi dangkal dengan kedalaman 6 kilometer itu juga menyebabkan 12 penduduk di Kabupaten Batang mengalami luka setelah tertimpa reruntuhan bangunan.

"Adapun 11 penduduk telah mendapatkan perawatan intensif dan saat ini sudah kembali ke rumah masing-masing, sedangkan seorang penduduk lainnya tetap dalam observasi kesehatan," ucapnya.

Dinas Sosial Kabupaten Batang telah mendirikan dapur umum di Balai Desa Warungasem guna memenuhi kebutuhan makan warga terdampak.

Kemudian, Dinas Kesehatan Jawa Tengah juga telah menurunkan tim termasuk relawan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada warga.

Sementara itu, BPBD Kabupaten Batang berbareng PMI dan Dinas Sosial Kabupaten Batang juga mendistribusikan logistik dan peralatan kepada penduduk terdampak. BPBD Kabupaten Batang juga terus melakukan kaji sigap lanjutan termasuk pendataan rumah rusak lainnya.

"Tim campuran dari unsur forkopimda dan TNI-Polri juga mulai membantu penduduk membersikan rumah dari puing reruntuhan bangunan. Mereka juga telah memberikan imbauan dan sosialisasi kepada masyarakat agar tetap tenang dan selalu waspada terhadap potensi gempabumi susulan," tutur Muhari.

(lna/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional