Gempa Batang 7/7, Badan Geologi: Terkait Sesar Aktif di Sekitar Lokasi

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Gempa dengan kekuatan magnitudo 4,6 mengguncang beberapa wilayah di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Minggu siang, 7 Juli 2024.

Merujuk catatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di wilayah pantai pada koordinat 109,75 BT dan 6,87 LS dengan kedalaman 6 kilometer. Titik lindu itu berjarak 4,2 kilometer di arah utara-timur laut Batang.

"Wilayah nan mengalami akibat gempa kerusakan rumah masyarakat seperti di Desa Lebo, Karangasem, Masjid Agung Batang, pendapa kabupaten, dan Pasar Batang," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Batang Muhamad Fajri.

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat wilayah Batang di Jawa Tengah belum pernah dihantam gempa bumi yang memicu kerusakan.  “Kejadian gempa bumi tersebut berasosiasi dengan aktivitas sesar aktif di sekitar letak pusat gempa bumi,” begitu bunyi keterangan resmi Badan Geologi, tak lama pasca kejadian tersebut.

Berdasarkan peta gempa nan dirilis BMKG, Kota Batang tidak dilewati sesar.  

Badan Geologi memastikan lindu itu tidak memicu deformasi di dasar laut. Artinya, tidak ada potensi tsunami meski pusat guncangan berada di wilayah pantai. Namun, tetap ada peringatan rawan tsunami dengan status rawan rendah hingga menengah di area pantai Kabupaten Batang. Untuk status tersebut, tinggi akibat tsunami nan diwaspadai berkisar 1 meter.

Gempa M4,4 itu mengakibatkan kerusakan gedung di Kecamatan Batang, Warungasem, serta Wonotunggal. Ada juga korban luka. Gempa itu tercatat pada skala intensitas IV MMI alias dirasakan banyak orang dan bisa menyebabkan jendela dan pintu berderik.

Sembilan Orang Terluka

BPBD Batang menyatakan bahwa tidak ada korban jiwa dalam gempa ini, namun ada 9 penduduk nan mengalami luka-luka akibat tertimpa puing-puing reruntuhan gedung rumah nan ambrol akibat imbas gempa tersebut.

Iklan

Dikutip dari beragam komentar atas info gempa tersebut di akun Info BMKG di media sosial X, ada nan menyatakan merasakannya sebagai gempa terkuat nan pernah dirasakan sepanjang hidupnya.  

Ada pula nan mengaku jika gempa Batang membuatnya pertama kali merasakan gempa. Atau nan mengaku seluruh tubuhnya seperti tak henti bergetar. 

Sebagian lainnya berupaya melukiskan guncangan tersebut. Pemilik akun @gencanaaa, misalnya. "Gilakkk pekalongan kayak ada megalodon di bawah tanah," katanya merujuk kepada jenis hiu raksasa nan sudah punah.

Atau @ira_novian42317. Menurut dia, "Kaya di lempar dri laut , gempanya ngk kaya gempa biasa ,,, ini kaya kita di lempar , suaranya gemuruh bngt kaya truck nurunin batu." 

Beberapa lainnya, seperti @pedercom1 nan berlokasi di Pekalongan mengatakan berasa seperti naik ayunan. Sedangkan @swa4nn__ mengaku sangat terkejut dan mengira ada angin nan sangat kuat.

Pemilik akun @Aldi15662659 berbeda lagi. "Suara gemuruh disusul dengan gempa seperti truk tronton lewat kencang," kata dia.

ZACHARIAS WURAGIL | ANTARA

Pilihan Editor SYL Heran Jadi Terdakwa, Jaksa Nilai Ada Pengakuan Terjadi Korupsi di Kementan

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis