Gempa M 5 Guncang Jembrana Bali, Terasa hingga Banyuwangi dan Jember

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,0 mengguncang Jembrana, Bali pada pukul 21:03 WIB hari ini (14/8).

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan hasil kajian BMKG menunjukkan gempa bumi ini mempunyai parameter pembaruan dengan magnitudo 4,9.

"Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 9,48 Lintang Selatan, 114,02 Bujur Timur, alias tepatnya berlokasi di laut pada jarak 141 kilometer arah Barat Daya, Jembrana, Bali pada kedalaman 52 km," kata Daryono dalam keterangan tertulis, Rabu (14/8) malam.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia menerangkan musibah nan terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng.

"Hasil kajian sistem sumber menunjukkan bahwa gempa bumi mempunyai sistem pergerakan naik alias thrust fault," imbuhnya.

Dampak gempa bumi tak hanya terasa di Bali, tapi juga dirasakan hingga ke Banyuwangi dengan getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Menurutnya, getaran itu terasa seperti ada truk berlalu di wilayah Kabupaten Badung, Tabanan, Bali, serta Jember, Jawa Timur, dengan getaran dirasakan nyata dalam rumah seakan-akan truk berlalu.

Kemudian, wilayah Denpasar, Bali, dan Bondowoso, Karangkates, Malang, Jawa Timur, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan nan digantung bergoyang.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 21.50 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya satu aktivitas gempa bumi susulan alias aftershoc dengan M 4,3," jelasnya.

BMKG mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh rumor nan tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Daryono juga meminta penduduk sgar menghindari dari gedung nan retak alias rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan gedung tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa nan membahayakan kestabilan gedung sebelum Anda kembali ke dalam rumah," ujarnya.

(kdf/pta)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional