Gempa M5,6 Guncang Bengkulu, Tak Berpotensi Tsunami

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 06 Sep 2024 09:17 WIB

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa bumi berkekuatan M5,6 wilayah Pantai Barat Sumatera, Bengkulu. Ilustrasi. Gempa M5,6 Guncang Bengkulu, Tak Berpotensi Tsunami. (AFP Photo/Frederick Florin).

Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa bumi berkekuatan M5,6 wilayah Pantai Barat Sumatera, Bengkulu.

Gempa tektonik itu terjadi sekitar pukul 8.06 WIB. Episenter gempa bumi terletak sekitar 42 kilometer arah tenggara Enggano, Bengkulu Utara, Bengkulu pada kedalaman 44 kilometer.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," kata BMKG dalam keterangan tertulis, Jumat (6/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

BMKG menyebut gempa bumi ini terasa di wilayah Enggano dengan skala intensitas III-IV MMI; Kota Bengkulu, Bengkulu Utara dan Kepahiang dengan skala intensitas III MMI; dan wilayah Pesisir Barat dan Liwa dengan skala intensitas II MMI.

Hingga saat ini, BMKG belum mencatat gempa susulan. BMKG mengimbau masyarakat di sekitar letak gempa untuk tetap waspada.

"Agar menghindari dari gedung nan retak alias rusak diakibatkan oleh gempa," kata BMKG.

"Periksa dan pastikan gedung tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa nan membahayakan kestabilan gedung sebelum Anda kembali ke dalam rumah," ucap BMKG.

(dhf/ugo)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional