Gerindra Hormati Sikap Ganjar Ingin Jadi Oposisi Prabowo-Gibran

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 07 Mei 2024 14:48 WIB

Waketum Gerindra, Habiburokhman menyatakan pihaknya tak berkuasa menghalang-halangi dan ikut kombinasi mengenai keputusan Ganjar Pranowo menjadi oposisi. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman mengatakan pihaknya tetap menghormati sikap Ganjar Pranowo nan mau menjadi oposisi pemerintahan Prabowo Subinato-Gibran Rakabuming. (CNN Indonesia/ Khaira Ummah)

Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman mengatakan pihaknya tetap menghormati sikap Ganjar Pranowo yang mau menjadi oposisi pemerintahan Prabowo Subinato-Gibran Rakabuming.

Habib menilai sikap Ganjar sebagai kewenangan pribadi dan kebebasan politiknya. Menurutnya, pihaknya tak berkuasa menghalang-halangi dan ikut campur.

"Negara kita menjamin demokrasi, menjamin kebebasan berpolitik ya, menjamin perbedaan politik antarpara pihak. Kalau memang sudah menjadi pilihan Pak Ganjar kami tidak bakal mungkin bisa menghalangi," kata Habib saat dihubungi, Selasa (7/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Sekali lagi kami menghormati sikap Pak Ganjar tersebut," imbuhnya.

Wakil Ketua Komisi III DPR itu memastikan pihaknya juga tetap mempunyai hubungan nan baik dengan Ganjar. Menurut dia, menjadi oposisi bukan pilihan nan salah.

"Soal komunikasi kami dengan Pak Ganjar setahu saya komunikasi tetap terjalin dengan baik antarpetinggi-petinggi Partai Gerindra dengan Pak Ganjar. Enggak ada masalah ya," katanya.

Menurut Habib, menjadi oposisi maupun berasosiasi dengan koalisi pemerintah merupakan sikap nan sama-sama baik. Dia pun meyakini keputusan Ganjar berada di luar pemerintahan juga dilandasai niat baik.

"Karena baik berasosiasi dengan pemerintahan maupun menjadi oposisi alias di luar pemerintahan adalah sikap nan sama-sama mulia," ucap Habib.

Eks calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengumumkan bahwa dirinya tak bakal berasosiasi pada pemerintahan di bawah Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming ke depan.

Pernyataan itu disampaikan Ganjar saat aktivitas legal bihalal Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud dan turut dihadiri jejak cawapresnya Mahfud MD di Teuku Umar 9, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (6/5).

"Saya declare pertama, saya tidak bakal berasosiasi di pemerintahan ini, tapi saya sangat menghormati pemerintahan ini," ucap Ganjar dalam pidatonya.

Namun begitu, mantan gubernur Jawa Tengah sekaligus politikus PDIP itu mengaku bakal tetap menghormati pemerintahan Prabowo-Gibran. Menurutnya pengawasan terhadap pemerintah kudu dilakukan dengan langkah nan benar.

(thr/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional