Gerindra-NasDem Berkoalisi Usung Rico Waas-Zakiyuddin di Pilkada Medan

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 03 Jul 2024 20:32 WIB

Partai Gerindra dan NasDem resmi berkoalisi di Pilkada Medan 2024. Partai tersebut mengusung Rico Waas sebagai bakal calon Wali Kota. NasDem Resmi Berkoalisi Usung Rico Waas - Zakiyuddin di Pilkada Medan. (CNN Indonesia/Farida Noris).

Medan, CNN Indonesia --

Partai Gerindra dan NasDem resmi berkoalisi di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Medan 2024. Partai tersebut mengusung Rico Waas dan Zakiyuddin Harahap sebagai bakal calon Wali Kota - Wakil Wali Kota Medan.

Sekretaris DPD Gerindra Sumut, Sugiat Santoso, mengatakan Zakiyuddin Harahap merupakan Wakil Ketua DPD Gerindra Sumut. Sedangkan Rico merupakan kader Partai NasDem nan juga keponakan dari Ketum Partai NasDem, Surya Paloh.

"Secara prinsip NasDem dan Gerindra bakal berkoalisi di Pilkada Kota Medan. Secara strategis corak koalisi menuju Pilkada Kota Medan. Calon wali kotanya dari kader terbaik NasDem ialah Rico Waas. Sementara untuk calon wakil wali kota dari kader terbaik Gerindra ialah Zakiyuddin Harahap," kata Sugiat di Medan, Rabu (3/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sugiat menjelaskan saat ini pihaknya tengah menjalin komunikasi dengan partai politik lainnya di Pilkada Medan. Bahkan dalam waktu dekat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga bakal berasosiasi untuk berkoalisi di Pilkada Medan.

"Kami sudah membicarakan dengan pertemuan-pertemuan internal untuk mematangkan ini," jelas Sugiat.

Menurut Sugiat, pihaknya bakal melanjutkan Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Pilkada Medan. Namun begitu, pihaknya tetap memberikan kesempatan untuk partai lain nan mau berkoalisi berbareng mereka di Pilkada Medan.

"Kami juga tidak menutup kesempatan untuk partai-partai lain berkoalisi khususnya di Koalisi Indonesia Maju (KIM) tingkat Medan plus PKB dan lainnya mau berasosiasi bersama-sama membangun Kota Medan," jelas Sugiat.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPW NasDem Sumut, Iskandar, mengatakan mereka bakal segera menyusun program-program pemenangan Rico Waas dan Zakiyuddin di Pilkada Medan.

"Kerja sama kami bukan hanya di Kota Medan tapi di seluruh kabupaten/kota di Sumut," tegas Iskandar.

(fnr/ugo)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional