Gibran Bakal Upacara Kemerdekaan RI di Jakarta, Bukan IKN

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Surabaya, CNN Indonesia --

Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka mengatakan bakal mengikuti upacara peringatan HUT kemerdekaan ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Putra sulung Presiden Joko Widodo itu bakal melaksanakan upacara di Istana Kepresidenan Jakarta pada 17 Agustus nanti.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hal itu disampaikan Gibran saat melakukan uji coba program makan bergizi gratis, di SDN Klampis Ngasem 3, Sukolilo, Surabaya, Kamis (1/8).

"[Upacara Kemerdekaan RI] di Jakarta, iya," kata Gibran, sembari melangkah menuju ke mobilnya.

Gibran mengatakan, usa mundur dari kedudukan Wali Kota Solo, sekarang dia sedang konsentrasi melakukan uji coba makan bergizi cuma-cuma di sejumlah daerah.

"[Sekarang sibuk] uji coba makan gratis, iya," ujarnya.

Gibran mengaku sudah melakukan uji coba makan bergizi cuma-cuma di tiga kota, ialah Sentul, Surakarta dan Surabaya. Selanjutnya, dia berencana menggelar agenda serupa di luar Pulau Jawa.

"Kemarin sudah di Sentul, Surakarta, hari ini Surabaya. Mungkin Minggu depan mulai ke Tangerang dan lainnya, Minggu depanya lagi sudah ke luar Jawa," ujarnya.

Sebelumnya Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan bakal maklum jika mantan-mantan presiden seperti Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tak datang pada upacara peringatan HUT kemerdekaan ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Pratikno mengatakan para mantan presiden diundang untuk upacara di IKN. Namun, istana memberi keleluasaan jika mereka lebih memilih di Jakarta.

"Kalau ada hal-hal nan menyulitkan, kami juga terbuka jika beliau-beliau tidak datang di IKN, tapi datang di Jakarta," kata Pratikno pada bertemu pers di Kantor Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (1/8).

(frd/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional