Gibran Bantah Terkait Dugaan Gratifikasi untuk Kaesang, Ini Kerja Sama Shopee dan Pemkot Solo

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka angkat bicara soal tudingan kerja sama antara Pemerintah Kota Solo ketika dia menjadi wali kota dengan Shopee menjadi sumber gratifikasi berupa penyediaan akomodasi jet pribadi untuk adiknya, Kaesang Pangarep.

"Ngawur kamu. Nggak ada itu," ucap Gibran saat ditanya apakah penggunaan jet pribadi tersebut termasuk perjanjian kerja sama alias MoU dengan pihak Shopee.

Ia menegaskan, hubungan pemerintah kota Solo dengan Shopee adalah ahli kerja sama, termasuk pembangunan instansi Technopark.

“(Hubungan) ahli saja. Kerja sama (membangun kantor) di Technopark (Solo Technopark),” ujar Gibran di sela-sela blusukan berbareng pasangan bakal calon wali kota dan wakilnya, Respati Ardi dan Astrid Widayani, di sejumlah wilayah di Solo, Jawa Tengah, pada Selasa, 10 September 2024.

Munculnya rumor hubungan baik e-commerce Shopee dengan Gibran ditengarai terlihat dari banyaknya kerja sama Shopee di Solo selama Gibran menjabat wali kota periode 2021-2024.

Ihwal penggunaan pesawat jet pribadi oleh Kaesang dan istrinya, Erina Gudono, nan disebut-sebut akomodasi dari Shopee, Gibran meminta perihal tersebut ditanyakan langsung pada adiknya itu. “Tanya Kaesang,” ucap Gibran

Berikut sejumlah kerja sama antara Shopee dan Pemerintah Kota Solo di bawah Wali Kota Gibran:

Pembangunan Rumah Kumuh

Pemkot Solo menggandeng perusahaan teknologi Shopee Indonesia membangun 136 unit rumah jenis RSS1 (Rumah Sangat Sederhana 1) nan diserahkan kepada penduduk Kampung Semanggi pada Selasa, 7 Februari 2023.

Pemerintah Kota Solo menggandeng sejumlah lembaga swasta untuk menata area kumuh. Mengusung tema “Kampung Semanggi Harmoni”, Pemkot Solo menargetkan pembangunan 569 unit rumah nan dibagi ke dalam dua tahap. Sebanyak 253 unit gedung telah diselesaikan di tahap pertama. Sementara itu, 316 unit sisanya diselesaikan pada tahap kedua.. 

Iklan

Kerja sama Pembangunan Technopark

Shopee ikut membangun dua akomodasi di Solo Technopark, ialah Shopee Creative & Innovation Hub, serta Garena Gaming & Community Hub pada Desember 2021.

Kerja Sama Pembinaan UMKM

Shopee Indonesia berbareng Pemerintah Kota Solo pada 2021berkolaborasi mengembangkan potensi dan mencetak UMKM untuk bisa menembus pasar ekspor. Tercatat ada sekitar 40.000 UMKM di Kota Surakarta nan terdaftar di Shopee, dan 5.000 di antaranya mempunyai toko ekspor.

Kerja Sama Bawa UMKM Pameran di Paris

Shopee bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surakarta dan KBRI Paris sukses menghadirkan ratusan jenis produk UMKM Indonesia untuk dipamerkan dan dijual di salah satu department store terbesar di Prancis, Le BHV Marais Paris.

Amelia Rahima Sari dan Nandito Putra berkontribusi dalam penulisan ini.

Pilihan Editor Terkini: Politisi Partai Mendominasi Keanggotaan BPK, Jokowi Kembali Minta Maaf

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis