Gibran Bela Kaesang Soal Dugaan Gratifikasi Jet dari Shopee: Ngawur

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka buka bunyi mengenai berita dugaan gratifikasi akomodasi jet pribadi dari perusahaan e-commerce asal Singapura, Shopee, kepada adiknya Kaesang Pangarep. Jet pribadi berjenis Gulfstream G650 itu diduga milik petinggi Sea Group, perusahaan induk nan membawahi Shopee.

Pada awalnya, Gibran meminta awak media untuk menanyakan mengenai perihal tersebut langsung kepada Kaesang. Namun ketika disinggung dugaan gratifikasi itu berasosiasi dengan perjanjian kerjasama alias MoU –dengan Shopee– nan pernah ditekannya saat tetap menjabat sebagai Wali Kota Solo, Gibran membantah.

“Nggak ada kayak gitu, ngawur,” kata Gibran pada Selasa, 10 September 2024, dikutip dari Antara.

Gibran memastikan perjanjian nan terjalin dengan perusahaan Shopee berkarakter ahli dan tidak ada kesepakatan mengenai kepemilikan jet pribadi. Menurut dia, perjanjian dengan Shopee itu merupakan perjanjian ahli nan juga melibatkan Pemerintah Kota Surakarta dan pihak Solo Technopark (STP).

“MOU-nya (nota kesepakatan) ahli antara Pemkot Surakarta, Technopark, dan Shopee. Nggak ada nan kayak gitu, kami ahli ya,” katanya.

Keterkaitan Gibran dan Polemik Jet Pribadi Kaesang

Sebelumnya, Kaesang menuai sorotan setelah beredar video dirinya dan sang istri, Erina Gudono, sedang pelesiran ke Amerika Serikat menggunakan jet pribadi jenis Gulfstream G650 dengan nomor penerbangan N588SE. Anak dan menantu Jokowi ini dikecam lantaran menggunakan pesawat privat dengan biaya sewa nan diketahui terbilang fantastis, sekitar Rp265,8 juta hingga Rp308,8 juta per jam.

Polemik kian terang setelah seorang warganet mengunggah potongan arsip nan memperlihatkan bahwa pemilik Gulfstream G650ER nomor penerbangan N588SE itu adalah Garena Online (Private) Ltd, unit upaya SEA Group, nan juga menaungi Shopee. Garena dan Shopee diketahui bekerja sama dengan Pemerintah Kota Solo, nan dipimpin Gibran, membuka Hub di Solo Technopark pada Desember 2021 lalu.

Tak hanya itu, salah satu unit upaya milik Garena, permainan battle royale mobile populer Free Fire juga menjadi sponsor dari klub sepak bola Persis Solo sejak 2021. Persis Solo sendiri dimiliki oleh Kaesang Pangarep berbareng pengusaha Solo Kevin Nugroho dan Menteri Badan Usaha Milik Negara alias BUMN Erick Thohir.

Selanjutnya baca: Jet pribadi nan digunakan Kaesang diduga difasilitasi petinggi SEA Limited
  • 1
  • 2
  • Selanjutnya

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis