Gibran Blusukan ke Koperasi Susu Lembang Didamping Zulhas dan Raffi Ahmad, untuk Apa?

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka didampingi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meninjau Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara (KPSBU) di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis, 22 Agustus 2024.

Gibran mengatakan bakal mengoptimalkan produksi susu hasil olahan para peternak di wilayah Lembang sebagai bagian krusial dalam Program Makan Bergizi Gratis bagi para penerima faedah nan meliputi ibu hamil, ibu menyusui, balita, dan anak sekolah dari PAUD hingga SMA, serta sekolah-sekolah keagamaan di Kabupaten Bandung Barat.

“Besok kita punya program makan bergizi gratis, salah satu item krusial ialah susu dan sebisa mungkin kita tidak impor susu ya lantaran tadi saya lihat produksi susu sudah baik,” kata Gibran.

Zulhas menyatakan bahwa pemerintah berkomitmen untuk mendukung pengembangan koperasi agar para peternak dapat menghasilkan produksi susu berbobot tinggi.

“Koperasi ini sangat layak lantaran jika dibina dan didukung, koperasi tidak bakal kalah dengan perusahaan-perusahaan besar manapun,” kata Zulhas.

Dia mengungkapkan saat ini koperasi telah menjadi bagian ekosistem upaya rakyat nan dapat bertumbuh dari upaya mikro hingga ke upaya menengah dan terhubung ke dalam rantai pasok industri nasional.

Terlebih, kata dia, pelaku upaya mikro, mini dan menengah (UMKM) sedang dalam tren nan positif dengan berkontribusi terhadap pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) nasional sebesar 60 persen.

“Koperasi industri menengah mini itu menjadi pondasi ekonomi Indonesia. Oleh lantaran itu Prabowo-Gibran memberikan perhatian lebih lagi lantaran 90 persen tenaga kerja ada di situ dan 60 persen PDB kita ada di sektor ini,” kata Zulhas.

KPSBU Lembang sudah menggunakan teknologi canggih untuk mengolah susu segar hasil dari para peternak di area Lembang.

Iklan

Dalam kesemoatan sebelumnya, Ketua KPSBU Dedi Setiadi menjelaskan koperasi nan sudah berdiri sejak 1971 itu merupakan perusahaan manufaktur nan bergerak dalam bagian produksi susu (penjualan susu, pengumpulan susu dari peternak, dan pengolah susu). KPSBU ini mempunyai tiga unit usaha, ialah KPSBU mengolah susu pasteurisasi, susu murni, dan yoghurt.

Dedi menuturkan, upaya utama KPSBU Lembang adalah produksi susu. KPSBU Lembang sudah mempunyai lebih dari 3.466 personil aktif dari total 7.144 anggota, dengan jumlah sapi sebanyak 18.612 ekor. Anggota KPSBU Lembang adalah peternak nan minimal mempunyai 3-4 ekor sapi nan berada di wilayah kerja di Provinsi Jawa Barat. Adapun susu nan dihasilkan sapi para peternak personil KPSBU lembang dengan rata-rata 100 ribu liter/hari.

"Peternak personil KPSBU Lembang tersebar di Kabupaten Bandung Barat seperti Lembang, Parongpong, Cisarua, Ngamprah, dan Kabupaten Subang seperti Ciater dan sekitarnya," ucap Dedi.

Gibran Rakabuming Raka blusukan sekaligus membagikan susu dan kitab kepada ratusan penduduk di Desa Wangunsari, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Gibran tiba di letak sekitar pukul 10.25 WIB dan tampak ditemani oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, serta dua pesohor ialah Raffi Ahmad dan Jeje Govinda. Gibran pun langsung membagikan susu dan kitab kepada penduduk nan telah menunggu kedatangannya.

Selain memberikan susu dan buku, Gibran juga tampak membagikan 200 sak beras seberat lima kilogram kepada masyarakat dengan ditemani oleh Jeje Govinda.

Diketahui bahwa Jeje Govinda digadang-gadang oleh partainya, ialah Partai PAN untuk maju pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat 2024.

Pilihan Editor  BMKG Ajak Pemerintah Siaga Gempa Megathrust, Daerah Mana Saja?

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis