Gibran Resmi Mundur Wali Kota Solo, Teguh Diusulkan Jadi Pengganti

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Solo, CNN Indonesia --

Gibran Rakabuming Raka membacakan surat pengunduran dirinya dari kedudukan wali kota Solo di rapat paripurna DPRD Solo, Rabu (17/7).

Dalam rapat itu Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa juga diusulkan menggantikan Gibran hingga selesai masa jabatannya.

Dipimpin Ketua DPRD Solo, Budi Prasetyo, rapat paripurna dihadiri 36 dari 45 personil legislatif Kota Solo. Dengan demikian, rapat paripurna telah memenuhi kuorum 3/4 dari personil DPRD.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Yang bercap tangan di bawah ini, Gibran Rakabuming Raka, berbareng ini mengusulkan pengunduran diri sebagai wali kota Surakarta masa kedudukan 2021-2026 sehubungan dengan telah ditetapkannya sebagai calon wakil presiden terpilih dalam pemilihan umum 2024," kata Gibran membacakan surat pengunduran dirinya.

Agenda rapat dilanjutkan dengan pembacaan rancangan surat keputusan DPRD Kota Solo.

Dalam rancangan tersebut, DPRD memutuskan untuk meneruskan pengunduran diri Gibran dari kedudukan Wali Kota Solo kepada Kementerian dalam Negeri (Kemendagri) melalui Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

"Kedua, menyampaikan usulan pemberhentian dengan hormat Gibran Rakabuming Raka dari jabatannya sebagai Wali Kota Surakarta," kata Sekretaris DPRD Solo, Kinkin Sultanul Hakim saat membacakan rancangan putusan.

"Yang ketiga menyampaikan usulan pengangkatan Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa sebagai Wali Kota Surakarta selama sisa masa jabatan," katanya.

Teguh bakal menjabat Wali Kota Solo untuk sisa masa kedudukan Gibran, jika usulan tersebut mendapat penetapan dari Kemendagri.

Gibran juga mendapat kenang-kenangan berupa sebilah keris dari DPRD Kota Solo.

Ketua DPRD Kota Solo Budi Prasetyo mengatakan bingkisan keris untuk Gibran merupakan tanda apresiasi lantaran sudah menjadi mitra kerja Pemkot Surakarta.

Ia berambisi ke depan tugas-tugas nan dijalankan oleh Gibran Rakabuming Raka bakal makin baik dan berakibat baik bagi masyarakat Indonesia, termasuk Kota Solo.

"Filosofinya keris itu bisa kebangkitan ekonomi rakyat Indonesia, Surakarta. Kami berambisi Kota Solo juga bakal makin jaya ke depannya. Keris ini bentuk kerja keras, rendah hati, ikhlas, dan selalu ingat masyarakat Kota Surakarta," katanya.

Rapat paripurna sendiri berjalan sigap dan lancar. Hanya ada satu interupsi dari personil DPRD dari PDIP, Suharsono nan mengusulkan perbaikan minor mengenai redaksional rancangan surat keputusan DPRD. Usulan tersebut langsung disetujui oleh seluruh peserta rapat.

(ocd/wis)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional