Gibran Sebut Menu Makan Bergizi Gratis di SMAN 70 Jakarta Selatan Paling Mewah, Ini Menunya

Sedang Trending 3 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Uji coba program makan siang bergizi cuma-cuma kembali digelar. Kali ini, SMA Negeri 70 Jakarta Selatan menjadi sekolah menengah atas pertama di Jakarta nan mengikuti uji coba program tersebut. Adapun makan bergizi gratis ini menjadi program unggulan Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran).

Pada kesempatan ini, Gibran turut memantau jalannya uji coba program tersebut berbareng Penjabat Gubernur Provinsi DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Dalam kunjungannya, mantan Wali Kota Solo itu juga memuji menu makan siang bergizi cuma-cuma nan diberikan kepada siswa SMA Negeri 70 Jakarta Selatan.

Menu Makan Bergizi Gratis SMAN 70 Disebut Paling Mewah

Gibran menyebut menu makan bergizi cuma-cuma di SMA Negeri 70 Jakarta Selatan sebagai menu paling komplit dan mewah dalam rangkaian uji coba program tersebut. Dia pun memuji menu makan siang nan disediakan oleh Perumda Dharma Jaya, BUMD DKI Jakarta tersebut.

“Ini saya lihat menu hari ini termasuk nan paling mewah. Kalau minggu lampau kami lihat beberapa tempat, ini saya kira nan paling lengkap, paling mewah,” kata Gibran saat dijumpai di SMAN 70 Jakarta Selatan, Rabu, 9 Oktober 2024, dikutip dari Antara.

Adapun menu nan disajikan untuk uji coba tersebut adalah nasi putih, ayam teriyaki, salad sayur, tahu, perkedel, telur, hingga buah pisang. Gibran pun memberikan tambahan menu, ialah susu kotak untuk para siswa-siswi di SMA tersebut.

Di sisi lain, Heru Budi mengucapkan terima kasih kepada Gibran nan telah meluangkan waktu untuk ikut memantau uji coba pemberian makan siang bergizi cuma-cuma ini. Heru Budi menyatakan jejeran Pemprov DKI Jakarta bakal terus melakukan uji coba pemberian makan bergizi cuma-cuma ini di sekolah-sekolah lain. Dia pun mengatakan bakal menyesuaikan menu makanan nan disukai oleh anak-anak.

“Relatif menunya anak-anak SMA suka ya. Beda dengan kemarin uji coba di SD. Kami kudu menyesuaikan menu nan memang disukai oleh anak-anak SD. Kalau ini gurauan mereka kurang katanya. Tapi mungkin ke depan, minta Mas Gibran memberikan arahan, agar kami bisa memberikan nan terbaik,” ujar Heru Budi.

Menu Uji Coba Makan Bergizi Gratis nan Pernah Dipantau Gibran

Iklan

Setelah dinyatakan sebagai pemenang dalam Pilpres 2024, Prabowo-Gibran telah menggelar sejumlah penyelenggaraan uji coba makan bergizi cuma-cuma di beberapa wilayah di Indonesia. Gibran juga beberapa kali ikut memantau penyelenggaraan uji coba tersebut.

Salah satu uji coba pemberian makan bergizi cuma-cuma nan dipantau oleh Gibran adalah di SDN Sentul 03 dan 02, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Saat itu, Gibran memamerkan menu makan cuma-cuma senilai Rp 14.900.

"Untuk menu hari ini harganya Rp 14.900 sudah termasuk ayam, nasi, sayur, buah-buahan, sama susu. Ini sekaligus menjelaskan bahwa anggarannya bakal dipotong sampai Rp 7.500, itu tidak benar," kata Gibran usai meninjau uji coba program Makan Bergizi Gratis di SDN Sentul 02, Selasa, 23 Juli 2024, seperti dikutip dari Antara.

Gibran juga sempat meninjau penyelenggaraan uji coba makan bergizi cuma-cuma di SDN 4 Kota Tangerang, Banten, pada Senin, 5 Agustus 2024. Menu makan siang nan disediakan adalah nasi, telur dadar, sayur capcay, tempe dan melon. 

"Untuk biaya Rp15 ribu. Tapi biaya di setiap wilayah pasti berbeda. Intinya adalah kebutuhan nutrisi di setiap makanan terpenuhi," kata Gibran.

ANTARA | RR ARIYANI YAKTI WIDYASTUTI | YUDONO YANUAR berkontribusi dalam penulisan tulisan ini

Pilihan Editor: Arsjad Rasjid Disebut Tak Tahu Menahu Pencatutan Namanya dalam Struktur Kadin Hasil Munaslub

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis