Gibran Tinjau Uji Coba Makan Bergizi Gratis di Tangerang, Lauknya Telor dan Tempe

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabumi Rakang meninjau penyelenggaraan uji coba makan bergizi cuma-cuma di SDN 4 Kota Tangerang, Banten, Senin, 5 Agustus 2024.

"Ayo dimulai. Berdoa dulu sebelum makan yak," kata Gibran kepada siswa kelas 2C SDN 4 Kota Tangerang.

Menu makan siang nan disediakan adalah nasi, telor dadar, sayur capcay, tempe dan melon. 

"Untuk biaya Rp15 ribu. Tapi biaya di setiap wilayah pasti berbeda. Intinya adalah kebutuhan nutrisi di setiap makanan terpenuhi," kata Gibran.

Menurutnya, menu makan nan disajikan dalam program makan bergizi cuma-cuma di Kota Tangerang hari ini sudah sesuai dengan harapan.

Dari hasil pantauan uji coba di Sentul, Surabaya, Solo, dan sekarang di Kota Tangerang, kata dia, menu makan telah memenuhi masukan dari para mahir gizi maupun pemerhati lingkungan.

Masukan dari para mahir gizi, lanjut Gibran, pemberian makan dan susu agar diberikan jarak alias tidak bersamaan. "Susu diberikan pada rehat jam pertama, sedangkan makan nasi saat rehat kedua," kata dia.

Lalu masukan dari pemerhati lingkungan juga sudah ditindak lanjuti, kata dia, ialah mengenai penggunaan bungkusan makanan nan dibawa para siswa.

"Jadi para siswa membawa tempat makan nan bisa dicuci, sehingga menghindari penggunaan plastik," ujarnya.

Pekan lalu, uji coba di Tangerang menggunakan anggaran Rp17.500 per porsi untuk menu makan nasi, sayur, daging cincang, dan pepaya, serta susu dengan kadar gula rendah.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin mengungkapkan sumber biaya uji coba makan bergizi cuma-cuma berasal dari biaya makan dan minum Biaya Operasional Sekolah (BOS) daerah.

"Untuk sumber biaya uji coba makan bergizi cuma-cuma kita ambil dari biaya makan dan minum BOS wilayah dengan nilai Rp17.500 per orang," kata Nurdin usai uji coba makan bergizi cuma-cuma di SDN Sukasari 4, Tangerang, Kamis, 1 Agustus 2024.

Dalam uji coba kali ini, Gibran sempat berbincang dengan para siswa dan menanyakan rasa makanan. "Bagaimana? Enak gak ?," tanya Gibran.

Farhan Al Rasya, siswa kelas 2C mengaku suka dengan menu makanan nan diberikan. Apalagi ada tambahan susu juga dan buah. "Enak kok," katanya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang pada hari ini menggelar uji coba Makan Bergizi Gratis (MBG) Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Periode 2024-2029.

Pj Wali Kota Tangerang Nurdin mengatakan penyelenggaraan uji coba Program MBG dilaksanakan dari tanggal 5 sampai 9 Agustus 2024. Menurutnya, program tersebut sejalan dengan visi misi Pemkot Tangerang ialah mewujudkan masyarakat Kota Tangerang nan sehat dan cerdas.

"Tentunya juga merupakan upaya untuk menyiapkan SDM nan unggul dan berkekuatan saing melalui kecukupan gizi nan seimbang," kata Nurdin.

Iklan

Ketua Tim Wantannas Taviota Bay mengatakan uji coba MBG bermaksud mematangkan strategi dan mitigasi program unggulan Presiden Terpilih periode 2024-2029 tersebut.

Kota Tangerang berbareng Kota Cilegon dipilih sebagai loksi untuk proyek percontohan uji coba Program MBG Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Periode 2024-2029.

Sebelumnya Pemkot Tangerang berbareng JW Movement telah menggelar simulasi uji coba aktivitas strategi dan mitigasi operasional Program MBG pada tanggal 1 Agustus 2024 di lima sekolah dengan sasaran 3.125 siswa.

Kemudian dalam penyelenggaraan uji coba program MBG tersebut Pemkot Tangerang telah melibatkan UMKM lokal sebagai penyedia makanan serta bekerja sama dengan Gabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSI) serta PT Diamond Cold Storage Group dan PT Industri Susu Alam Murni (ISAM) Group.

Masuk Postur APBN 2025

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan beberapa program inisiatif Presiden Terpilih  Prabowo Subianto seperti makan bergizi cuma-cuma masuk dalam postur APBN 2025.

Ia mengatakan telah melaporkan kepada Presiden Joko Widodo  dan Presiden terpilih untuk postur APBN 2025 mengenai dengan pembahasan awal dari DPR RI. Dalam perihal ini, melalui Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM & PPKF).

"Posturnya diperkirakan tidak bakal mengalami deviasi banyak dari nan sudah dibahas dengan DPR," kata Sri Mulyani usai rapat terbatas nan dipimpin Presiden Jokowi membahas rencana kerja Pemerintah, Nota Keuangan dan RAPBN Tahun 2025, Senin.

Sri Mulyani mengatakan bahwa Presiden Jokowi mau agar postur APBN 2025 dapat menampung program-program prioritas dari Presiden terpilih, salah satunya makan bergizi gratis.

"Beberapa program inisiatif baru sedang difinalkan dengan tim dari presiden terpilih. Ini sudah masuk di dalam postur APBN 2025." katanya.

Perihal anggaran untuk makan bergizi cuma-cuma tersebut, dia mengatakan belum ada perubahan, ialah tetap sebesar Rp71 triliun.

"Sampai saat ini nan kita sudah mendapatkan pengarahan dari Presiden saat ini dan Presiden terpilih adalah total anggarannya Rp71 triliun. Mengenai detilnya kelak adalah Bapak Presiden terpilih terus melakukan persiapan dengan timnya untuk pelaksanaannya," tuturnya.

Anggaran untuk satu porsi makanan bergizi cuma-cuma diperkirakan senilai Rp15.000.

Dalam perjalanannya ada usulan anggaran makan bergizi cuma-cuma dipangkas menjadi Rp7.500. Namun berita itu dibantah langsung oleh Gibran nan menegaskan anggaran satu porsi makanan bergizi cuma-cuma bakal tetap Rp15.000.

ANTARA

Pilihan Editor Tak Semua Menteri Hadiri Upacara di IKN, Ini Kata Mensesneg Pratikno

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis