Golkar Buka Peluang Jokowi Jadi Ketua Dewan Pembina

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 20 Agu 2024 12:37 WIB

Waketum Golkar Adies Kadier menjelaskan Ketua Dewan Pembina bakal diusulkan ketua umum terpilih dalam forum munas partai. Presiden Jokowi disebut punya kans jadi Ketua Dewan Pembina Golkar. Bisa diusulkan ketua umum terpilih. (TV Parlemen)

Jakarta, CNN Indonesia --

Pintu bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Ketua Umum Partai Golkar lewat musyawarah nasional (munas) sudah tertutup.

Berdasarkan berkas pendaftaran bakal calon ketua umum nan diterima panitia munas, hanya Bahlil Lahadalia nan memenuhi syarat maju. Bahlil pun jadi calon tunggal dalam Munas Golkar nan diselenggarakan 20-21 Agustus 2024 di JCC, Senayan.

"Kalau untuk ketua umum sudah dapat dipastikan tidak ada lagi nama di luar itu. Karena hanya beliau Bahlil Lahadalia," kata Ketua Steering Committee (SC) Munas Adies Kadir di JCC.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun, kata Adies, Jokowi punya kesempatan menjadi Ketua Dewan Pembina Golkar. Menurut dia, majelis pembina bakal diusulkan dalam Munas Golkar oleh forum munas dan ketua umum terpilih.

Dia menjelaskan ketua majelis pembina, termasuk ketua majelis pakar, majelis penasihat, majelis etik, dan majelis kehormatan, tidak kudu berasal dari kader kendati selama ini mereka nan menduduki posisi itu merupakan kader senior.

"Kalau majelis pembina ini biasanya adalah kader-kader Partai Golkar nan sudah senior, biasanya begitu, memang tidak ada definitif dalam AD/ART itu apakah boleh orang luar alias tidak itu, tidak ada," kata Wakil Ketua Umum Golkar itu.

Namun, Adies menyebut hingga sekarang belum ada usulan nama Jokowi sebagai Ketua Dewan Pembina. Dia menegaskan itu bakal dibahas lewat munas.

"Kalau tidak ada dalam AD/ART sebenarnya sih boleh-boleh aja, tapi sampai saat ini di arena Rapimnas dan memasuki Munas nama-nama tersebut sama beliau belum beredar, belum ada sampai detik ini belum ada kedengaran," kata dia.

Golkar menggelar munas untuk menentukan ketua umum definitif setelah Airlangga Hartarto menyatakan mundur. Bahlil Lahadalia yang juga Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) jadi calon tunggal dalam Munas Golkar.

(thr/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional