Golkar Sebut Pengunduran Diri Airlangga Tak Ada Intervensi Eksternal

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 12 Agu 2024 05:20 WIB

Golkar menjawab rumor pengunduran diri Ketum Airlangga Hartarto mengenai pihak eksternal, termasuk Jokowi. Golkar menjawab rumor pengunduran diri Ketum Airlangga Hartarto mengenai pihak eksternal, termasuk Jokowi. (Arsip Partai Golkar)

Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia menyebut pengunduran diri Airlangga Hartarto dari bangku Ketua Umum (Ketum) Golkar merupakan keputusan pribadi dan tidak ada intervensi pihak eksternal.

"Pak Airlangga itu manusia nan mandiri. Pak Airlangga tentu mempunyai pertimbangan nan matang sampai mengambil keputusan nan sepenting itu," ujar Doli di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Minggu (11/8).

"Dari apa nan saya tangkap disampaikan Pak Airlangga tadi pagi itu, Pak Airlangga sudah memikirkan bahwa pengunduran diri itu untuk kebaikan semua. Kebaikan dirinya, kebaikan keluarganya, kebaikan Partai Golkar, kebaikan bangsa dan negara," imbuhnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pernyataan tersebut disampaikan Doli menjawab beberapa rumor nan mengaitkan pengunduran diri Airlangga dengan pengaruh pihak eksternal, termasuk soal pertemuan Airlangga dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (9/8).

Lebih lanjut Doli mengatakan argumen pengunduran diri Airlangga adalah argumen pribadi. Menurutnya, keputusan tersebut juga telah dirapatkan dan menjadi keputusan keluarga.

"Keputusan pengunduran itu juga sudah dirapatkan dan sudah jadi keputusan keluarga. Jadi saya mohon, kepada kawan-kawan, kita hormati keputusan Pak Airlangga nan sangat individual dan sangat pribadi dan kita tidak usah lagi mengait-ngaitkan apa latar belakang dan seterusnya, alias mengaitkan dengan siapa saja," katanya.

Airlangga mengumumkan pengunduran dirinya dari posisi Ketua Umum (Ketum) DPP Partai Golkar di Jakarta pada Minggu (11/8).

Dalam video resmi nan disiarkan Partai Golkar Airlangga menjelaskan argumen dia mundur lantaran mau menjaga keutuhan Partai Golkar dan memastikan stabilitas selama transisi pemerintahan dari Presiden RI Joko Widodo ke pemerintahan Prabowo Subianto sebagai pemenang Pilpres 2024.

"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, serta atas petunjuk Tuhan nan Maha Besar, maka dengan ini saya menyatakan pengunduran diri sebagai ketua umum DPP Partai Golkar," ujar Airlangga dalam video tersebut.

(lom/fea)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional