Gubernur Sumbar Mahyeldi dan Rombongan Nyaris Tertimbun Longsor

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 13 Mei 2024 14:00 WIB

Longsor di area Sitonjau Lauik menimbun dan menyeret dua kendaraan hingga masuk jurang. Peristiwa itu terjadi persis di depan mobil rombongan gubernur Sumbar Longsor di area Sitonjau Lauik menimbun dan menyeret dua kendaraan hingga masuk jurang. Peristiwa itu terjadi persis di depan mobil rombongan gubernur Sumbar. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Solok, CNN Indonesia --

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi dan rombongan nyaris menjadi korban longsor di area Sitonjau Lauik, daerah perbatasan antara Kota Padang menuju Solok.

Kepala Biro Adpim Setda Prov Sumbar, Mursalim menceritakan, peristiwa itu terjadi pada Minggu (12/5) tengah malam. Mahyeldi dan rombongan melaju dari arah Solok menuju Padang.

Mereka baru selesai meninjau sejumlah letak terdampak banjir bandang dan banjir lahar dingin Gunung Marapi di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Pak Gubernur sejak Minggu pagi meninjau letak bencana, memantau langsung penanganannya. Nah, kembalinya ke Padang melewati Sitinjau Lauik," kata Mursalim kepada CNNIndonesia.com.

Jalur Sitinjau Lauik menjadi salah satu jalan pengganti lantaran jalan raya Padang-Bukittinggi nan biasa digunakan amblas dekat area Lembah Anai. Jalan amblas sekitar 100 meter, akibat banjir bandang nan menerjang.

Namun sesampai di Sotinjau Lauik, rupanya perbukitan di sana tiba-tiba longsor. Longsoran mengakibatkan dua kendaraan tertimbun.

"Beruntung Gubernur dan rombongan tidak menjadi korban, meskipun kejadian itu berjalan di hadapannya" ungkap Mursalim.

"Kendati demikian, ada dua unit kendaraan minibus nan terbawa material longsor ke dalam jurang," katanya.

Melihat perihal itu, Gubernur Mahyeldi ikut turun ke dasar lembah untuk membantu proses pemindahan korban.

Diketahui kemudian, ada 6 orang nan menjadi korban dari terseretnya 2 kendaraan minibus tersebut. Satu orang di antaranya terjepit pintu dan kritis, sementara 5 orang lainnya luka-luka. Semuanya sukses dievakuasi menjelang Senin (13/5) awal hari.

Longsor Sotinjau Lauik itu menyebabkan terjadinya antrean panjang kendaraan dari kedua arah, baik menuju Solok, maupun menuju Padang.

Pantauan CNNIndonesia.com nan berada di area longsor tersebut, ada ribuan pengendara terjebak. Badan jalan baru bisa dibersihkan sekitar pukul 02.00 WIB, sebelum kendaraan diiizinkan melintas.

(ned/gil)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional