Gunung Ibu Kembali Meletus, Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 600 Meter

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 02 Jul 2024 08:55 WIB

Gunung Ibu di Pulau Halmahera, Maluku Utara kembali meletus dan memuntahkan abu vulkanik setinggi 600 meter dari puncak kawah aktif, Selasa (2/7) pagi. Ilustrasi. Gunung Ibu di Pulau Halmahera, Maluku Utara kembali meletus dan memuntahkan abu vulkanik setinggi 600 meter dari puncak kawah aktif, pagi ini. (ANTARA FOTO/ANDRI SAPUTRA)

Jakarta, CNN Indonesia --

Gunung Ibu di Pulau Halmahera, Maluku Utara kembali meletus dan memuntahkan abu vulkanik setinggi 600 meter dari puncak kawah aktif, pada Selasa (2/7) pagi.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Hendra Gunawan mengatakan perangkat seismograf pos pengamatan Gunung Ibu merekam erupsi dengan amplitudo maksimum 7 mm.

"Letusan nan terjadi pada pukul 09.15 WITA itu menciptakan awan abu vulkanik berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat selama lebih dari satu menit," kata Hendra dalam keterangan di Jakarta, Selasa (2/7). 

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Meski demikian hingga saat ini aktivitas Gunung Ibu tetap berstatus siaga alias level III, setelah terakhir berstatus hati-hati alias level IV pada 21 Juni 2024.

Masyarakat pun tetap diimbau untuk tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius empat kilometer dari pusat erupsi, serta sektoral lima kilometer pada bukaan kawah bagian utara.

"Jika terjadi hujan abu, masyarakat nan beraktivitas di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut seperti masker dan kacamata," imbaunya.

Gunung Ibu nan mempunyai ketinggian 3.325 meter di atas permukaan laut adalah gunung berapi nan terletak di bagian barat laut Pulau Halmahera, alias salah satu dari lima gunung api nan sejauh ini tetap aktif di Maluku Utara.

PVMBG memantau secara visual dan instrumental gunung dari pos pengamatan nan berlokasi di Desa Gam Ici, Kecamatan Ibu, Halmahera Barat, Maluku Utara.

(Antara/isn)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional