Gunung Lewotobi Laki-laki Tiga Kali Erupsi Pagi Ini

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 01 Jun 2024 07:10 WIB

Gunung Lewotobi Laki-laki, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami tiga kali erupsi pada Sabtu (1/6) pagi. Ilustrasi. Gunung Lewotobi Laki-laki, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami tiga kali erupsi pada Sabtu (1/6) pagi. (ANTARA FOTO/Mega Tokan)

Jakarta, CNN Indonesia --

Gunung Lewotobi Laki-laki, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami tiga kali erupsi pada Sabtu (1/6) pagi.

Berdasarkan pemantauan Petugas Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki Herman Yosef S Mboro, erupsi pertama terjadi pada pukul 4.52 WITA.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 22 mm dan lama 101 detik," demikian laporan Herman mengenai erupsi pertama, melansir Antara.

Erupsi kedua terjadi pukul 05:09 WITA. Erupsi kali ini terekam seismograf dengan amplitudo maksimum 447,3 mm dan lama 327 detik.

Tidak lama berselang, erupsi ketiga terjadi pukul 05:24 WITA nan terekam seismograf dengan amplitudo maksimum 14,8 mm dan lama 175 detik. Tinggi kolom letusan teramati kurang lebih 200 meter di atas puncak gunung.

"Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang ke arah barat daya," ujar Herman.

Gunung Lewotobi Laki-laki sekarang berstatus Waspada alias berada pada level II. Masyarakat setempat maupun visitor diimbau agar tidak melakukan aktivitas apa pun dalam radius 2 kilometer (km) dari pusat erupsi.

"Masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-laki hendak mewaspadai potensi banjir lahar hujan pada sungai-sungai nan berhulu di puncak Gunung Lewotobi Laki-Laki jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi," ujar Herman.

(Antara/asr)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional