Gus Choi Akan Hadiri Panggilan PBNU: Saya Pernah Jadi Ketua MLB PKB

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 06 Agu 2024 11:14 WIB

Mantan personil DPR dari Fraksi PKB Effendy Choirie alias Gus Choi bakal menghadiri pemanggilan oleh PBNU pada Rabu (7/8). Mantan personil DPR dari Fraksi PKB Effendy Choirie alias Gus Choi bakal menghadiri pemanggilan oleh PBNU pada Rabu (7/8/2024). (CNN Indonesia/Farid)

Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan personil DPR dari Fraksi PKB Effendy Choirie alias Gus Choi memastikan bakal menghadiri pemanggilan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) pada Rabu (7/8).

"Karena itu saya kudu datang menghormati dan takzim kepada PBNU," kata Gus Choi kepada CNNIndonesia.com, Selasa (6/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Gus Choi mengatakan sebagai kader NU kudu menghormati undangan PBNU. Terlebih, surat undangan itu ditandatangani oleh Waketum dan Wakil Sekjen PBNU. Baginya, undangan ini bukan undangan orang per orang di PBNU melainkan PBNU secara institusional.

Gus Choi mengatakan bakal menjawab semua pertanyaan dari PBNU nan diketahuinya ketika tetap aktif di PKB.

"Apalagi kader NU nan pernah jadi ketua Fraksi PKB, partai nan didirikan NU dan pernah jadi ketua Muktamar Luar Biasa PKB. InsyaAllah saya bakal menjawab semua pertanyaan dari PBNU," kata dia.

Gus Choi sempat menjabat sebagai Ketua Panitia Pelaksana Muktamar Luar Biasa (MLB) PKB kubu Gus Dur pada 2008 lalu. Kala itu, PKB mengalami bentrok internal antara kubu Gus Dur dan kubu Cak Imin.

Dua kubu nan bentrok kala itu sama-sama menggelar Muktamar Luar Biasa PKB untuk mendapatkan keabsahan.

DPP PKB ketua Gus Dur lebih dulu menggelar Muktamar Luar Biasa di Ponpes Al-Asshriyyah, Parung, Bogor pada 30 April-1 Mei 2008. Sementara tanggal 2-4 Mei 2008, DPP PKB ketua Cak Imin gantian menggelar Muktamar Luar Biasa di Hotel Mercure Ancol, Jakarta.

Gus Choi kemudian dicopot dari keanggotaannya sebagai personil DPR dari Fraksi PKB di medio tahun 2013 lalu. Usai dipecat PKB, Gus Choi lantas berasosiasi ke NasDem.

Hubungan PKB dan PBNU kembali memanas belakangan ini usai Cak Imin mengkritik habis-habisan penyelenggaraan haji 2024 hingga digulirkannya Pansus Haji oleh DPR.

PBNU membalas dengan membentuk tim untuk mengkaji hubungan NU dan PKB. PBNU memanggil eks petinggi dan ketua PKB untuk memeriksa hubungan organisasi keduanya. Namun, pemanggilan itu justru membikin situasi makin memanas.

(rzr/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional