Melihat Kondisi Rumah Dinas DPR RI di Jaksel yang Diklaim Sudah Tua

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 07 Okt 2024 12:54 WIB

Anggota DPR RI periode 2024-2029 tak lagi mendapat rumah dinas. Sebagai gantinya mereka bakal mendapat tunjangan setiap bulan. Kondisi rumah dinas personil DPR RI di Kalibata Jaksel. (Cnn Indonesia/Yogi Anugrah)

Jakarta, CNN Indonesia --

Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR mengumumkan anggota DPR RI periode 2024-2029 tak lagi mendapat rumah dinas. Sebagai gantinya mereka bakal mendapat tunjangan setiap bulan.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR, Indra Iskandar mengatakan penghapusan rumah dinas hanya bagi personil dewan. Namun, dia belum mengonfirmasi besaran tunjangan nan bakal didapat setiap bulan.

Ia menjelaskan penghapusan rumah dinas alias biasa disebut rumah kedudukan personil (RJA) DPR mengingat kondisi nan sudah tua. Kondisi itu, kata Indra, membikin biaya pemeliharaan semakin tidak seimbang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Indra menyebut dengan diganti menjadi tunjangan, anggarannya menurut dia bakal semakin fleksibel. Saat ini, kata Indra, total ada 570 unit rumah dinas DPR nan tersebar di dua lokasi, masing-masing di wilayah Kalibata dan Pesanggrahan Jakarta Selatan.

"Kondisi rumah nan sudah tua dengan anggaran pemeliharaannya sudah tidak balance dan jika dalam corak tunjangan kan lebih fleksibel," kata Indra beberapa waktu lalu.

Indra meninjau rumah kedudukan nan terletak di Kalibata pada Senin (7/10). Sejak masuk ke dalam komplek, suasana asri telah terasa. Banyak pohon di trotoar maupun di depan-depan rumah. Lalu lalang kendaraan hanya terlihat sesekali.

Di sejumlah rumah, terlihat sejumlah motor dan mobil terparkir. Ada juga nan kosong.

Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR mengumumkan DPR periode 2024-2029 tak lagi mendapat rumah dinas. Sebagai gantinya mereka bakal mendapat tunjangan setiap bulan.Plafon salah satu rumah dinas DPR nan berjamur lantaran rembesan air. (CNN Indonesia/Yogi Anugrah)

Rumah kedudukan di Kalibata ini mempunyai dua lantai, dengan warna cream pada dinding-dindingnya. Setiap rumah mempunyai genteng berwarna coklat.

Kondisi setiap rumah berbeda-beda, ada nan cat dindingnya tetap terlihat cerah, ada juga nan terkelupas dan bernoda hitam. Di salah satu rumah, terlihat plafon nan bocor.

Secara umum, kondisi rumah-rumah ini tidak rusak parah.

Indra menjelaskan setiap hari ada 15-20 keluhan dari personil mengenai rumah jabatan. Keluhan itu di antaranya banyak tikus, rayap hingga kebocoran.

"Rata-rata berangkaian dengan bocoran rumah. Kemudian banyaknya tikus, juga berangkaian dengan akibat rayap nan itu biasanya di lemari-lemari dan sebagainya sigap rusak di sini," kata Indra, Senin

Lalu ada keluhan soal banjir saat hujan deras dan aroma sampah nan berasal dari tempat pembuangan sampah milik Pemprov DKI nan berada tidak jauh dari kompleks rumah jabatan.

"Ya terus terang memang untuk melakukan revitalisasi rumah kedudukan ini, enggak sedikit ya. Kalau kita mau serius memang seluruh genting dan strukturnya kudu diperbaiki baru itu bakal ideal," katanya.

(yoa/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional