Gus Hans Cuti dari Golkar Buat Maju Pilgub Jatim Bareng Risma PDIP

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 29 Agu 2024 17:35 WIB

Gus Hans bakal libur dari kepengurusan Golkar usai ditunjuk jadi bakal Cawagub Risma PDIP di Pilgub Jatim 2024. Gus Hans bakal libur dari kepengurusan Golkar usai ditunjuk jadi bakal Cawagub Risma PDIP di Pilgub Jatim 2024. ANTARA/Faizal Falakki.

Jakarta, CNN Indonesia --

Pengasuh Pondok Pesantren Al Azhar Darul Ulum Jombang, Zahrul Azhar Asumta namalain Gus Hans mengaku bakal mengusulkan libur dari kepengurusan DPD Partai Golkar Jawa Timur. Hal itu menyusul ditunjuknya dia jadi bakal calon wakil gubernur mendampingi Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Gus Hans saat ini tetap aktif sebagai Wakil Ketua DPD Golkar Jatim. Namun sekarang dia diusung oleh PDIP, Hanura dan Partai Ummat untuk jadi bakal calon wakil gubernur di Pilgub Jatim 2024.

"Jadi gini, saya sudah komunikasi dengan Ketua [Golkar Jatim Sarmuji] dan sudah izin bahwa tiba-tiba saya mendapatkan seperti ini dan bisa jadi saya bakal proses untuk pengajuan libur ya dari kepengurusan dari Partai Golkar," kata Gus Hans kepada wartawan di Jombang, Kamis (29/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Gus Hans mengatakan dia telah berkomunikasi dengan Ketua DPD Golkar Jawa Timur, M Sarmuji untuk mengusulkan izin, maju dalam kontestasi Pilgub Jatim 2024 via telepon.

"Komunikasi secara telepon, sudah. Karena kan saya ketua pemenangan pemilu (2024) di wilayah Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Madiun. Tapi lantaran proses ini dan dinamika politik seperti nan kita hadapi sekarang ini ya memang kudu kita lalui seperti ini kita bakal izin dengan baik-baik," ucapnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPP Golkar M Sarmuji melarang kadernya, Zahrul Azhar Asumta alias Gus Hans menggunakan atribut partai Golkar. Hal itu menyusul Gus Hans nan jadi bakal Calon Wakil Gubernur Jawa Timur mendampingi Tri Rismaharini.

"Yang jelas Gus Hans tidak boleh memakai atribut dan simbol partai untuk kepentingan pencalonannya," kata Sarmuji nan juga Ketua DPD Golkar Jatim ini saat dikonfirmasi, Kamis (29/8).

Pasalnya, Gus Hans tak hanya kader partai beringin biasa. Dia merupakan Wakil Ketua DPD Golkar Jatim. Namun dia malah jadi wakil Risma. Padahal di Pilgub Jatim 2024, Golkar berasosiasi dengan koalisi pendukung bakal paslon petahana, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak.

"Kita memastikan jika Golkar tetap berada di barisan Khofifah-Emil. Diambilnya Gus Hans [oleh PDIP untuk mendampingi Risma] tidak bakal banyak mempengaruhi massa Golkar," ucapnya.

(frd/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional