Gus Ipul: PKB Ada Komunikasi ke PBNU Said Aqil, Era Gus Yahya Ditabrak

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 07 Agu 2024 16:55 WIB

Sekjen PBNU Saifullah Yusuf alias Gus Ipul menyebut Ketum PKB Cak Imin tak pernah membuka komunikasi dengan Gus Yahya selepas Muktamar NU 2021. Sekretaris Jenderal PBNU Saifullah Yusuf alias Gus Ipul mengaku heran Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar namalain Cak Imin kerap membuka komunikasi dengan PBNU ketika dipimpin oleh Said Aqil Siraj. (CNN Indonesia/ Farid)

Jakarta, CNN Indonesia --

Sekretaris Jenderal PBNU Saifullah Yusuf alias Gus Ipul mengaku heran Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar namalain Cak Imin kerap membuka komunikasi dengan PBNU ketika dipimpin oleh Said Aqil Siraj.

Gus Ipul menilai sikap tersebut berubah ketika PBNU dipimpin oleh Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya. Menurutnya, Cak Imin selalu menabrak PBNU era Gus Yahya.

"Tapi komunikasinya menurut saya waktu itu dengan Kiai Said ada. Ini kan [era Gus Yahya] enggak. Ini malah ditabrak-tabrak terus PBNU. Tabrak-tabrak, Kamu liat lah Itu statementnya, ada kronologinya," kata Gus Ipul di Kantor PBNU, Jakarta, Rabu (7/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Said Aqil menjabat sebagai Ketum PBNU sejak 2010 sampai 2020 lalu. Posisinya digantikan oleh Gus Yahya pada Muktamar Lampung 2021.

Gus Ipul menyebut sampai hari ini komunikasi Cak Imin dengan Gus Yahya belum pernah terjadi pasca Muktamar NU di Lampung akhir 2021 lalu.

"Enggak pernah ada konsultasi. Enggak pernah ada komunikasi," ujarnya.

Gus Ipul sempat meminta ke PKB untuk saling berbincang dan meminta nasihat ke PBNU. Terlebih, PBNU mempunyai andil mendirikan PKB pada 1998 lalu. Namun, permintaan itu tak pernah berbentuk sampai saat ini.

Ia juga menilai PBNU selama ini tak pernah ikut kombinasi tangan ke PKB. Namun, dia mengatakan PBNU sekarang sedang berupaya meluruskan sejarah PKB.

"Datang nan ke lebih tua, Rois Aam itu kan apapun sepuh, ulama, pemimpinnya, datanglah minta nasihat, enggak pernah juga. Terus apa? Emang PKB didirikan sendiri? Gawe dewe? bukan. Ini didirikan oleh PBNU," ujarnya.

Infografis Jejak Seteru Elite PKB & PBNUFoto: Basith Subastian/CNNIndonesia
Infografis Jejak Seteru Elite PKB & PBNU

Perseteruan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) makin memanas usai kedua pihak saling lempar pernyataan ke publik.

PBNU pun membentuk Tim unik untuk mengkaji ulang hubungan PBNU dan PKB. Gus Yahya mengibaratkan NU adalah pabrik mobil dan PKB adalah mobil hasil produksi nan abnormal sistemnya.

"Kemarin kan ada perusahaan memproduksi mobil. Sudah dilempar ke pasar, sudah laku. Ternyata ada kesalahan sistem di mobilnya. [Maka] ditarik kembali produknya untuk diperbaiki sistemnya," kata Gus Yahya, dikutip dari keterangan resmi PBNU pada Sabtu (3/8).

(rzr/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional