Gus Miftah Beber Pesan Jokowi di Ora Aji: Jaga Transisi Pemerintahan

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Yogyakarta, CNN Indonesia --

Pengasuh pondok pesantren (ponpes) Ora Aji, Miftah Maulana Habiburrahman namalain Gus Miftah menyebut Presiden Joko Widodo meminta para pengasuh pondok pesantren ikut menjaga proses transisi pemerintahan nan baru.

Hal itu diungkap Miftah usai berjumpa Jokowi dalam aktivitas Multaqo Presiden dan Ulama nan diselenggarakan sebagai salah satu rangkaian hari lahir ponpesnya, Kamis (19/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam momen itu, Miftah dan Jokowi berbareng para ustadz muda lainnya sempat duduk bareng selama sekitar separuh jam lebih.

Miftah dalam momen pertemuan itu mengaku berbicara kepada Jokowi bahwa transisi pemerintahan sekarang ke presiden terpilih, Prabowo Subianto melangkah secara kolaboratif dan sangat halus.

"Beliau menyampaikan tadi, lantaran saya sampaikan bahwa transisi nan sangat kolaboratif dan sangat smooth landing itu, transisi pemerintahan dari Pak Jokowi ke Pak Prabowo," kata Miftah di kediamannya, Kalasan, Sleman, DIY, Kamis (19/8).

"Setelah saya sampaikan itu, beliau (Jokowi) menyampaikan, hendaknya kita pengasuh pesantren untuk menjaga keberlangsungan ini dengan baik, pesan beliau seperti itu," sambungnya.

Menurut Miftah, Jokowi tak ikut kombinasi alias mengintervensi penyusunan kebijakan maupun pembentukan kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran.

Kendati, lanjut Miftah, Jokowi tetap ikut membantu mempersiapkan, salah satunya dengan membentuk beragam lembaga nonkementerian mendukung jalannya pemerintahan Prabowo.

"Sehingga beliau tadi menyampaikan, dulu awal kami menjabat kami kudu grayah-grayah (meraba-raba) dulu, sekarang kita menginginkan gimana ketika kemudian Pak Prabowo bekerja itu semuanya sudah disiapkan dengan baik. Jadi tidak ada intervensi, tapi justru sifatnya adalah kolaborasi, begitu kira-kira tadi disampaikan," imbuh Gus Miftah.

Dalam pertemuan itu, Jokowi kepada Gus Miftah turut mengungkap rencana aktivitasnya setelah lengser dari bangku kepresidenan pada 20 Oktober 2024 mendatang, ialah beristirahat selama 1-2 pekan, setelah itu kembali menyapa masyarakat.

Jokowi meninggalkan Ponpes Ora Aji sekitar pukul 10.30 WIB. Sebelum bertolak menuju letak berikutnya di Jawa Tengah, dia sempat menyapa para santri dan penduduk nan sudah menunggu kehadirannya sejak pagi.

Ia juga membagikan support kebutuhan bahan pokok, buku, serta kaos kepada masyarakat.

(kum/wis)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional