Gus Mus Dapat Penghargaan Outstanding Figures in Supporting Unity

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Semarang, CNN Indonesia --

Pimpinan Pondok Pesantren Raudlatuth Tholibin Rembang, KH. Ahmad Mustofa Bisri, alias lebih dikenal dengan Gus Mus menerima penghargaan Outstanding Figures in Supporting Unity and Togetherness dalam aktivitas CNN Indonesia Awards.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Chairman CT Corps Chairul Tanjung kepada Gus Mus di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (14/8).

Gus Mus menyampaikan terima kasih atas penghargaan nan diberikan CNN Indonesia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Dalam budaya Jawa ada sawang sinawang, saya di-sawang oleh CNN mendapat anugerah, terima kasih atas penghargaannya," ujarnya.

Gus Mus lahir di Rembang, 10 Agustus 1944. Ia sekarang genap berumur 80 tahun. Gus Mus tumbuh di lingkungan family santri. Ia pun menjadi santri nan mondok di beberapa pesantren.

Seperti Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Pesantren Al-Munawwir Krapyak, Yogyakarta, dan Raudlatuth Tholibin Leteh, Rembang, pesantren ayahnya sendiri. la kemudian belajar di Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir.

Selama di Kairo, Gus Mus berkawan dengan Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid namalain Gus Dur. Usai menimba pengetahuan di Kairo, dia ikut mengurus Ponpes Raudlatuth Tholibin.

Gus Mus juga merupakan budayawan, pelukis, hingga penulis. Sebagai budayawan, Gus Mus selalu mengedepankan rayuan untuk mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam persaudaraan.

Di setiap tulisannya, Gus Mus selalu menekankan untuk bersikap arif dan bijak dalam menyikapi perbedaan serta keberagaman bangsa. Ia juga aktif membikin puisi.

Gus Mus juga sempat menjadi pengurus PBNU. Ia selama beberapa periode menjadi Rais Syuriyah PBNU, Wakil Rais Aam Syuriyah PBNU (2010-2014), dan Pj Rais Aam PBNU (2014-2015).

CNN Indonesia Awards Jateng mengangkat tema "Dari Jawa Tengah untuk Indonesia Gemilang."

Sebelumnya, arena CNN Indonesia Awards pertama digelar di Makassar, Sulawesi Selatan pada Maret 2024. Dilanjutkan arena kedua nan dihelat di Denpasar, Bali pada Mei 2024.

Kemudian ketiga CNN Indonesia Awards digelar di Palembang, Sumatera Selatan pada Juli 2024 dan aktivitas keempat digelar di Medan, Sumatera Utara, pada awal bulan ini.

(tim/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional