Gus Salam: Cirebon Jadi Alternatif Tempat Muktamar Luar Biasa NU

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 17 Sep 2024 13:17 WIB

Cirebon disebut menjadi salah satu pengganti tempat digelarnya Muktamar Luar Biasa (MLB) Nahdlatul Ulama (NU). Gus Salam buka bunyi soal Muktamar Luar Biasa NU. (Dok. spesial / arsip NU Jawa Timur)

Jakarta, CNN Indonesia --

Sekretaris Steering Committee Muktamar Luar Biasa (MLB) Nahdlatul Ulama (NU) Abdussalam Shohib alias Gus Salam mengatakan Cirebon, Jawa Barat menjadi salah satu pengganti tempat digelarnya MLB NU.

"Cirebon salah satu alternatif," kata Gus Salam kepada CNNIndonesia.com, kemarin (16/9).

Gus Salam mengungkapkan Cirebon dipilih lantaran banyak mempunyai pondok pesantren nan punya sejarah kuat tentang penyebaran Islam Ahlussunnah Wal Jamaah An Nahdliyyah. Di samping di Cirebon juga mempunyai banyak hotel untuk penginapan peserta.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun, dia belum memastikan kapan MLB NU ini bakal digelar. Ia mengatakan agenda ini menunggu kesepakatan dengan para PWNU Se-Indonesia.

"Rencananya bakal di adakan silaturrahmi Pra-MLB," kata dia.

Gus Salam mengungkapkan pihaknya sudah menjalin komunikasi dengan ratusan PCNU di seluruh Indonesia mengenai rencana MLB NU ini.

"Yang sudah komunikasi sampai hari ini, 326 PCNU, 23 PWNU dan 12 PCINU," tambahnya.

MLB NU merupakan hasil dari Mubes Alim Ulama di Bangkalan, Jawa Timur pada Minggu (18/8) silam. Pertemuan sejumlah ustad dan ustadz menghasilkan 'Amanah Bangkalan' di mana salah satu poinnya persiapan MLB NU.

Sebelumnya Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Abdullah Latopada memastikan aktivitas MLB NU tidak mempunyai legitimasi organisasi.

Abdullah menegaskan tidak ada satupun pengurus bagian ataupun pengurus wilayah NU nan terlibat dalam wacana MLB tersebut. Ia apalagi menyebut aktivitas MLB tersebut abal-abal dan didalangi oleh pihak-pihak nan tidak mempunyai pekerjaan.

"Saya pastikan tidak ada bagian ataupun wilayah nan ikut. Kan, itu hanya wacana nan didengungkan segelintir orang pengangguran," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (15/9) lalu.

(rzr/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional