Guyon JK soal 5 NU ke Israel: Kesalahannya karena Senyum di Foto

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 17 Jul 2024 15:21 WIB

JK berkelakar kesalahan lima kader NU berjumpa Presiden Israel di tengah tindakan genosida di Palestina lantaran tersenyum ketika di foto. Jusuf Kalla respons lima kader NU menghadap Presiden Israel. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) berkelakar kesalahan lima kader Nahdlatul Ulama (NU) berjumpa Presiden Israel Isaac Herzog di tengah tindakan genosida di Palestina lantaran tersenyum ketika di foto.

"Walaupun kesalahan sebenarnya lantaran dia tersenyum difotonya. Itu aja sudah," kata JK di Kantor MUI, Jakarta, Rabu (17/7).

JK tak mempersoalkan jika kunjungan itu mau mendiskusikan soal perdamaian antara Israel dan Palestina. Ia lantas bercerita sering berbincang dengan pihak Israel untuk mencapai perdamaian di area tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Baginya, mediator nan mau mencari perdamaian pihak-pihak berkonflik kudu mengenal kedua belah pihak. Sehingga kesempatan tercipta perdamaian dapat terwujud.

"Kalau Anda tidak kenal Israel hanya..itu tidak bisa mendorong perdamaian. Karena itu juga kita kudu berkomunikasi," kata dia.

JK pun enggan mengomentari mengenai hukuman nan dapat diberikan bagi dua kader NU tersebut imbas pertemuan dengan Presiden Israel.

"Ya tergantung NU, Saya tidak tahu," kata dia.

Sebelumnya lima orang Nahdliyin berjumpa dengan Presiden Israel Isaac Herzog. Kelima nahdliyin itu di antaranya Zainul Maarif, Munawir Aziz, Nurul Bahrul Ulum, Syukron Makmun dan Izza Annafisah Dania. Namun hingga sekarang belum jelas kapan pertemuan tersebut terjadi.

Pertemuan itu menuai kecaman publik berbuntut permintaan maaf dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

"Saya minta maaf kepada masyarakat luas, seluruhnya, bahwa ada beberapa orang dari kalangan Nahdlatul Ulama nan tempo hari pergi ke Israel, melakukan engagement di sana," ujar laki-laki nan berkawan disapa Gus Yahya ini salam konvensi persnya kemarin.

(rzr/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional