Haji Isam Borong 2.000 Ekskavator, Ini Profil Pengusaha Asal Kalimantan Bernama Andi Syamsuddin Arsyad

Sedang Trending 2 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Andi Syamsuddin Arsyad namalain Haji Isam melalui perusahaan miliknya ialah Jhonlin Group, memesan 2.000 unit ekskavator dari Sany Group, produsen perangkat berat China. Ini membikin Jhonlin Group mencetak rekor sebagai pemesan eskavator terbesar di dunia.

"Pada 26 Juni lalu, Sany menandatangani pesanan 2.000 eskavator dengan Jhonlin Group, ini merupakan pesanan internasional terbesar di Dunia untuk ekskavator, " demikian siaran pers resmi Sany Group pada Jumat, 28 Juni 2024.

Pembelian tersebut dilakukan langsung oleh Haji Isam dengan menandatangani Nota Kesepahaman alias Memorandum of Understanding (MoU) di Shanghai China pada Rabu 26 Juni 2024.

"Pemesanan ini menjadi nan terbesar di bumi untuk sebuah pemesanan ekskavator. Ribuan ekskavator itu bakal digunakan untuk mengembangkan proyek pertanian guna mendukung pengembangan pertanian Indonesia," ujar Haji Isam dalam keterangannya, Jumat 28 Juni 2024.

Dikutip dari laman resmi SANY Group, disebutkan nilai pemesanan 2.000 unit eskavator SANY SY215C-9 berbobot 21,5 ton ini diperkirakan mencapai Rp 4 triliun, dengan kisaran nilai Rp 1,7-2,3 miliar per unitnya. Ribuan ekskavator itu nantinya bakal digunakan dalam proyek-proyek pertanian di Indonesia.

Siapa Haji Isam?

Haji Isam merupakan seorang pengusaha batu bara nan sangat terkenal dari Kalimantan Selatan. Dia dikenal dekat dengan Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Haji Isam apalagi pernah menjabat sebagai Wakil Bendahara Tim Pemenangan Jokowi - Ma'ruf Amin.

Iklan

Lahir pada 1 Januari 1977 di Bone, Sulawesi Selatan dari family sederhana, Haji Isam memulai perjalanannya dari titik nol. Kehidupan awalnya diwarnai dengan pekerjaan sebagai tukang ojek dan pengemudi pengangkut kayu, di mana dia bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Dia mendapat jalan ke bumi pertambangan lewat seorang pengusaha Tionghoa-Surabaya. Dari situ, Haji Isam perlahan-lahan membangun kariernya dan sukses mencapai kesuksesan besar di bagian pertambangan dan perdagangan. Usaha kerasnya membuahkan hasil ketika dia mendirikan PT Jhonlin Baratama pada 2003.

Kedekatan antara Jokowi dan Haji Isam itu juga tercermin saat Presiden Jokowi meresmikan pabrik biodiesel JAAR beberapa waktu lalu. Jokowi percaya potensi dari pabrik biodiesel ini bakal membuka lapangan pekerjaan nan banyak, khususnya setelah mulai beraksi pada Oktober 2021.

Perusahaan ini berkembang pesat dan menjadi salah satu perusahaan batu bara terbesar di Indonesia, menempatkan Haji Isam di antara para pengusaha paling berpengaruh di sektor ini. Perusahaannya tersebut sekarang telah mempunyai beberapa anak perusahaan seperti PT Jhonlin Baratama, PT Jhonlin Marine and Shipping, PT Jhonlin Air Transport, PT Jhonlin Agromandiri, PT Jhonlin Batu Mandiri, hingga Jhonlin Agro Raya.

HATTA MUARABAGJA I  ANANDA RIDHO SULISTYA  

Pilihan Editor: Jokowi Resmikan KEK Setangga Usulan Perusahaan Haji Isam, Apa Kelebihan Kawasan Ekonomi Khusus?

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis