Harga Minyak Dunia Naik Seiring Peristiwa Kecelakaan Helikopter Presiden Iran

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Harga minyak bumi naik pada awal perdagangan Asia, Senin, 20 Mei 2024. Kenaikan ini terjadi seiring kecelakan helikopter nan digunakan Presiden Iran Ebrahim Raisi pada Minggu, 19 Mei 2024 waktu setempat.

Mengutip Reuters, nilai minyak Brent naik 26 sen alias 0,3 persen menjadi US$ 84,24 per barel. Sementara minyak mentah West Texas Intermediate (WTS) naik 15 sen alias 0,2 persen menjadi US$$ 80,21 per barel.

Brent mengakhiri perdagangan sebelumnya dengan kenaikan sekitar 1 persen, nan sekaligus menjadi kenaikan mingguan pertama dalam tiga pekan. Sementara itu, WTI naik 2 persen lantaran membaiknya parameter ekonomi dari Amerika Serikat dan Tiongkok, konsumen minyak terbesar di dunia.

“Pasar minyak sebagian besar tetap berada dalam kisaran terbatas dan tanpa katalis baru, kita mungkin kudu menunggu kejelasan seputar kebijakan produksi OPEC+ untuk keluar dari kisaran ini,” kata Kepala Strategi Komonitas di ING Warren Patterson, dikutip dari Reuters.

Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, bersama-sama disebut OPEC+, dijadwalkan berjumpa pada 1 Juni. “Pasar juga tampak semakin kebal terhadap perkembangan geopolitik, kemungkinan lantaran besarnya kapabilitas persediaan nan dimiliki OPEC,” kata Patterson.

Selanjutnya: Sebelumnya diberitakan,  helikopter nan membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi....

  • 1
  • 2
  • Selanjutnya
Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis