Hari Ini 40 Hari Menuju Akhir Jabatan Presiden Jokowi

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 10 Sep 2024 08:59 WIB

Presiden Jokowi bakal mengakhiri masa jabatannya sebagai kepala negara pada 20 Oktober. Selama 40 hari menjelang berakhir, Jokowi memilih berkantor di IKN. Jokowi bakal menghabiskan sisa masa kedudukan Presiden di IKN. (CNN Indonesia/Khaira Ummah Junaedi Putri)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal mengakhiri masa jabatannya sebagai kepala negara pada 20 Oktober 2024. Pada hari nan sama, Prabowo Subianto akan dilantik sebagai Presiden berbarengan dengan Gibran Rakabuming Raka sebagai Wakil Presiden.

Dalam 40 hari mengakhiri masa jabatan, Jokowi memutuskan untuk bekerja di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur. Hari pertama berkantor dijadwalkan dimulai pada Rabu (11/9) besok hingga Sabtu (19/10) alias H-1 sebelum serah terima jabatan.

Deputi Protokol dan Pers Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana menjelaskan salah satu argumen Jokowi memilih berkantor di IKN di akhir masa kedudukan lantaran Istana Negara dan Istana Garuda di IKN sudah jadi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Yusuf mengatakan dalam rentang 40 hari kerja itu, Presiden Jokowi bakal melakukan aktivitas IKNN sebagaimana di Istana Kepresidenan Jakarta, mulai dari rapat terbatas, audiensi, pengarahan hingga sidang kabinet. Kunjungan kerja Jokowi ke wilayah lain juga bakal berangkat dari IKN.

"Seperti nan kita ketahui berbareng bahwa Istana Negara dan Istana Garuda di Ibu Kota Nusantara sudah jadi. Bapak Presiden dapat berkantor di Istana IKN, sebagaimana beliau berkantor seperti biasa di Istana Merdeka Jakarta," ujar Yusuf dalam keterangannya Senin (9/9).

Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyebut Presiden Jokowi bakal menggelar sidang kabinet paripurna terakhir di IKN pada Kamis (12/9). Sementara untuk aktivitas Jokowi lainnya selama 40 hari di IKN tetap belum terlihat.

Sedangkan pada hari ini, Selasa (10/9), Jokowi dijadwalkan ke Banda Aceh dan Sumatera Utara sebelum kemudian bertolak ke Jakarta untuk menonton langsung laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

(khr/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional