Hari Pelanggan Nasional, PNM Ajak UMi-UMKM Memberikan Pelayanan Prima
ARTICLE AD BOX
Rabu, 4 September 2024 13:30 WIB
Pelaku upaya ultra mikro dan UMKM mitra PT Permodalan Nasional Madani (PNM) pada peringatan Hari Pelanggan Nasional, memberikan apresiasi kepada pengguna dengan memberikan pelayanan prima dan menerapkan hospitality alias keramahan. Dok. PNM
Iklan
INFO BISNIS - Pelayanan prima kepada pengguna absolut diberikan. Penerapan hospitality itu dapat dilakukan di semua sektor usaha, termasuk upaya ultra mikro (UMi) dan upaya mikro mini dan menengah (UMKM).
Itulah nan dilakukan PT Permodalan Nasional Madani (PNM), saat memperingati Hari Pelanggan Nasional, nan jatuh pada Rabu 4 September 2024, dengan membujuk pelaku UMi dan UMKM memberikan apresiasi berbobot kepada pelanggan. Apresiasi ialah dengan memberikan pelayanan prima dan menerapkan hospitality atau keramahan.
Sekretaris Perusahaan PNM L. Dodot Patria Ary menilai keramahan menjadi salah satu aspek nan perlu diasah dan diterapkan oleh pelaku upaya UMi dan UMKM, khususnya pengguna PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar). Hal ini diyakini dapat membantu memenangkan hati pengguna dan meningkatkan kepuasan mereka nan berujung pada peningkatan pembelian.
“Tantangan besar bagi pelaku Umi dan UMKM untuk dapat menonjol di persaingan pasar nan sengit. Hospitality bisa dimulai dengan menyapa dan senyum ramah saat melayani pembeli. Tinggalkan kesan nan baik agar mereka nyaman dan mau menjadi langganan,” kata Dodot.
Menurut Dodot, UMi dan UMKM juga dapat mencontoh dan belajar dari upaya nan sudah besar dalam memberikan pelayanan. “Meskipun skala upaya mikro tapi pelayanan kudu berupaya menyesuaikan standar makro,” katanya.
Iklan
Penerapan hospitality tidak hanya menjadi kunci dalam menjaga loyalitas pelanggan, tetapi juga menjadi salah satu aspek krusial dalam keberhasilan pertumbuhan usaha. Pelaku UMKM juga diimbau untuk menciptakan diferensiasi agar dapat unggul dengan penjual lainnya di industri nan sama.
“Suasana nan menyenangkan dalam berbelanja bakal mempengaruhi gimana pembeli merasakan pengalaman, apalagi jika UMKM mengerti preferensi pengguna tentu bakal berkapak pada meningkatnya penjualan lantaran terbangun rasa nyaman,” ucap Dodot.
PNM percaya dengan menerapkan hospitality akan menciptakan hubungan jangka panjang nan saling menguntungkan sebagai investasi nan sangat berbobot untuk keberlangsungan UMi dan UMKM. (*)
Rekomendasi Artikel
Konten sponsor pada widget ini merupakan konten nan dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.
Video Pilihan
Pj Wako Padang Soal Isu Megathrust: Jangan Panik, Tetap Waspada
1 detik lalu
Pj Wako Padang Soal Isu Megathrust: Jangan Panik, Tetap Waspada
Dalam keadaan musibah gedung-gedung pemerintah bisa dimanfaatkan sebagai TES (Tempat Evakuasi Sementara).
Erick Thohir Tegaskan Pegadaian Liga 2 Harus Solid Bangun Sepakbola Bersih
35 menit lalu
Erick Thohir Tegaskan Pegadaian Liga 2 Harus Solid Bangun Sepakbola Bersih
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menegaskan, bergulirnya musim kedua Kompetisi Liga 2 2024-2025 nan disponsori Pegadaian kudu semakin solid menuju permainan sepakbola nan bersih.
Presiden RI Resmikan RSHS Bandung, ADHI: Wujud Komitmen Kualitas Infrastruktur Bangunan
1 jam lalu
Presiden RI Resmikan RSHS Bandung, ADHI: Wujud Komitmen Kualitas Infrastruktur Bangunan
Gedung baru milik Kementerian Kesehatan ini mempunyai 8 lantai dengan total 490 tempat tidur dan beragam akomodasi medis modern dengan teknologi baru untuk pelayanan ibu dan anak.
Tiga Kontrak Strategis Konstruksi Air, Komitmen ADHI dalam Pembangunan Berkelanjutan
2 jam lalu
Tiga Kontrak Strategis Konstruksi Air, Komitmen ADHI dalam Pembangunan Berkelanjutan
Penandatanganan tiga perjanjian dari Direktorat Jenderal Sumber Daya Air ini merupakan pencapaian krusial bagi ADHI sebagai BUMN Konstruksi, nan terus memperkuat posisinya sebagai pemimpin dalam sektor bangunan air.
Kepala BSKDN Kemendagri: Perlu Langkah Strategis Pengendalian Inflasi Daerah
15 jam lalu
Kepala BSKDN Kemendagri: Perlu Langkah Strategis Pengendalian Inflasi Daerah
Langkah bervariasi nan disarankan Kemendagri meliputi pemantauan nilai dan stok guna memastikan kebutuhan pokok tersedia, melaksanakan rapat teknis tim pengendali inflasi daerah, dan menjaga pasokan bahan pokok dan peralatan penting.
Bamsoet Apresiasi Kesiapan Cabor Tarung Derajat di PON XXI
16 jam lalu
Bamsoet Apresiasi Kesiapan Cabor Tarung Derajat di PON XXI
Bamsoet sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB KODRAT) mengapresiasi kesiapan bagian olahraga (Cabor) tarung derajat nan bakal dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh.
Hari Pelanggan Nasional, Ada Promo Beli 2 Dapat 4 Tiket di Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko
17 jam lalu
Hari Pelanggan Nasional, Ada Promo Beli 2 Dapat 4 Tiket di Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko
Promosi Geden ini bertindak untuk berjamu ke Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Keraton Ratu Boko pada 5 hingga 8 September 2024.
Dirut BPJS Ketenagakerjaan Kunjungi Desa Balahu di Gorontalo
18 jam lalu
Dirut BPJS Ketenagakerjaan Kunjungi Desa Balahu di Gorontalo
BPJS Ketenagakerjaan melalui program Jaminan Kematian telah memastikan banyak mahir waris dari pekerja di Gorontalo nan meninggal bumi mempunyai warisan untuk melanjutkan hidup dan tidak jatuh miskin.
Peduli Warga Miskin, Pj. Gubernur Heru Permudah Urusan NIK Disabilitas
18 jam lalu
Peduli Warga Miskin, Pj. Gubernur Heru Permudah Urusan NIK Disabilitas
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil menyediakan jasa 'jemput bola' maupun pengurusan secara online.
Bontang Raih Penghargaan Kota Aktif Srikandi
18 jam lalu
Bontang Raih Penghargaan Kota Aktif Srikandi
Srikandi singkatan dari Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi. Pemkot Bontang merupakan satu delapan kabupaten/kota nan aktif mengimplementasikannya.