Harvey Moeis-Helena Lim Bakal Dilimpahkan ke Kejari Jaksel Hari Ini

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 22 Jul 2024 10:44 WIB

Dua tersangka kasus korupsi Harvey Moeis dan Helena Lim bakal dilimpahkan ke Kejari Jaksel, Senin ini. Dua tersangka kasus korupsi Harvey Moeis dan Helena Lim bakal dilimpahkan ke Kejari Jaksel, Senin ini. (Dok. Kejagung)

Jakarta, CNN Indonesia --

Kejaksaan Agung (Kejagung) bakal melimpahkan dua tersangka kasus korupsi tata niaga timah di wilayah IUP PT Timah Tbk tahun 2015-2022 ke Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan pada Senin (22/7) ini. Kedua tersangka ialah Helena Lim dan Harvey Moeis.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Harli Siregar menjelaskan berkas perkara Helena dan Harvey telah dinyatakan komplit alias P-21 oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Hari ini bakal ada pelimpahan tahap dua dari interogator ke penuntut umum di Kejaksaan negeri Jakarta Selatan," kata Harli dalam keterangannya kepada wartawan, Senin.

Menurut rencana, pelimpahan tersangka dan peralatan bukti tersebut bakal dilakukan pukul 10.30 WIB. Harli menambahkan interogator juga bakal menjelaskan peralatan bukti apa saja nan bakal diserahkan ke pengadilan.

"Nanti bakal kita sampaikan secara transparan secara lugas," tuturnya.

Dalam kasus korupsi ini, Kejagung telah menetapkan total 22 tersangka dalam kasus dugaan korupsi tata niaga timah di IUP PT Timah. Mulai dari Direktur Utama PT Timah 2016-2021, Mochtar Riza Pahlevi Tabrani hingga Harvey Moeis sebagai perpanjangan tangan dari PT Refined Bangka Tin.

Terbaru, Kejagung menyebut berasas hasil kalkulasi Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) nilai kerugian finansial negara dalam kasus tersebut mencapai Rp300,003 triliun.

Rinciannya ialah kelebihan bayar nilai sewa smelter oleh PT Timah sebesar Rp2,85 triliun, pembayaran biji timah terlarangan oleh PT Timah kepada mitra dengan sebesar Rp26,649 triliun dan nilai kerusakan ekologis sebesar Rp271,6 triliun.

(tfq/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional