Hasto PDIP Terima Laporan Upaya Jegal Pencalonan Anies di Pilgub DKI

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto mengaku pihaknya menerima laporan upaya untuk menjegal pencalonan Anies Baswedan di Pilkada DKI Jakarta 2024.

Pernyataan itu disampaikan Hasto merespons kesempatan Anies untuk maju sekarang mulai menyempit setelah PKS membuka kesempatan berasosiasi Koalisi Indonesia Maju (KIM) nan mendukung Ridwan Kamil.

"Kami menerima laporan memang ada upaya-upaya untuk mengganjal pencalonan Anies Baswedan," kata Hasto saat menemani Megawati Soekarnoputri mengunjungi pameran di Galeri Nasional (Galnas) Jakarta, Kamis (8/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hasto mengkritik pihak nan melakukan upaya tersebut. Menurut dia, perihal itu semakin menunjukkan suasana kerakyatan nan tidak sehat.

"Dan siapapun nan oleh proses nan semestinya demokratis tetapi ketika ada upaya-upaya untuk mengganjal calon-calon tertentu, itu kehidupan kerakyatan kita tidak sehat," kata Hasto.

PDIP, kata dia, bakal terus mengawal agar proses kontestasi pilkada melangkah dengan sehat dan tidak ada upaya menghadap pihak-pihak tertentu kepada siapapun alias kader mana pun. Menurut Hasto, semua orang mempunyai kewenangan konstitusional untuk dicalonkan.

"Itu nan kami harapkan sehingga kehidupan kerakyatan kudu kita perjuangkan bersama-sama dan di Jakarta itu kudu menampilkan suatu konstestasi nan menarik," katanya.

Namun, Hasto belum berbincang tegas soal kesempatan pihaknya untuk mendukung Anies. Sebab, berita itu sejauh ini baru sebatas sinyal dan belum terjadi.

"Ya ini kan baru sinyalemen, faktanya kan belum terjadi. Sehingga kami terus mencermati perihal tersebut dan terus berbincang agar di Jakarta tersajikan konstestasi nan mencerdaskan kehidupan bangsa," katanya.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia telah menepis tudingan KIM mau menghalang laju Anies maju di Pilkada Jakarta 2024.

Doli berbicara bahwa partainya tak kuasa untuk menghalang pihak tertentu maju di Pilkada. Apalagi, setelah sekian lama Golkar kata dia baru kembali mendapat bangku ketua di DPRD DKI Jakarta dengan 10 kursi.

"Jadi tidak ada niat sedikitpun kami mau ada pretensi mau buat kotak kosong, apalagi menjegal lawan-lawan tertentu," kata Doli di instansi pusat partainya, Jakarta, Kamis (8/8).

Sekjen PAN Eddy Soeparno pun menegaskan KIM tak merancang skenario calon tunggal untuk berhadapan dengan kotak kosong di pilkada serentak 2024.

"Kita tidak ada kreasi unik ya untuk kita menciptakan kotak kosong di manapun," kata Eddy di kompleks parlemen, Jakarta, Rabu (7/8).

Eddy beranggapan kejadian kotak kosong itu bisa terjadi lantaran seluruh parpol sepakat mengusung calon nan sama dengan beragam pertimbangannya masing-masing.

Ia beranggapan kejadian melawan kotak kosong itu juga merupakan bagian dari kerakyatan di Indonesia.

(thr/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional