Hasto soal Kudatuli: Extraordinary Crime, Pelanggaran HAM Berat

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 27 Jul 2024 11:30 WIB

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyebut peristiwa kerusuhan 27 Juli 1996 alias Kudatuli sebagai kejahatan luar biasa dan termasuk dalam pelanggaran HAM berat. Suasana peringatan Peristiwa Kudatuli 27 Juli 1996 di instansi DPP PDIP, Menteng, Jakarta, Sabtu (27/7). (CNN Indonesia/Adi Ibrahim)

Jakarta, CNN Indonesia --

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyebut, peristiwa kerusuhan 27 Juli 1996 alias nan dikenal dengan Kudatuli adalah kejahatan luar biasa dan termasuk dalam pelanggaran HAM berat.

"Kudatuli ini adalah suatu extraordinary crime, suatu kejahatan nan luar biasa, suatu pelanggaran HAM berat," kata Hasto di instansi DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (27/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

PDIP pun berambisi pemerintah menjadikan peristiwa Kudatuli sebagai pelanggaran HAM berat.

Hasto mengatakan, peristiwa Kudatuli mengajarkan bahwa setebal apapun tembok kekuasaan otoriter tidak bakal bisa membungkam bunyi rakyat.

Ia meminta agar para kader PDIP tetap menggelorakan semangat menjaga kerakyatan dan kebebasan beranggapan melalui peringatan Kudatuli.

"Percaya-lah bahwa kekuasaan setebal apapun tembok kekuasaan itu dibangun, kekuatan arus bawah tidak bisa dibungkam. Kekuasaan arus bawah bisa melawan beragam tembok kekuasaan nan lupa diri," ujarnya.

Peristiwa Kudatuli 27 Juli 1996 ditandai dengan penyerbuan instansi DPP PDI di Jalan Diponegoro Nomor 58, Jakarta. Peristiwa ini buntut dari dualisme nan terjadi di tubuh partai.

Saat itu, instansi DPP PDI nan dikendalikan oleh pendukung Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum berasas hasil Kongres Surabaya 1993, diserbu oleh golongan pendukung Soerjadi, Ketua Umum berasas hasil Kongres Medan 1996. Soerjadi saat itu digunakan pemerintah Orde Baru untuk mendongkel Megawati.

Berdasarkan catatan awal Amnesty International, sebanyak 206 hingga 241 orang ditangkap abdi negara keamanan setelah peristiwa Kudatuli. Lalu sedikitnya 90 orang luka-luka dan 5-7 orang dilaporkan meninggal dunia.

(lna/asr)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional