Hasto Ungkap Makna Bawa Lari Obor Api Abadi: Kalahkan Ambisi Kekuasaan

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 23 Mei 2024 20:50 WIB

Hasto mengungkap filosofi membawa lari obor Api Abadi Mrapen sebagai simbol dimulainya masa rapat kerja nasional (Rakernas) PDIP. Hasto ungkap rencana Rakernas PDIP ke V nan bakal digelar Jumat besok. (CNN Indonesia/ Mochammad Ryan)

Jakarta, CNN Indonesia --

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto mengungkap filosofi membawa lari obor Api Abadi Mrapen sebagai simbol dimulainya masa rapat kerja nasional (Rakernas) V sang partai.

Menurut Hasto, membawa lari obor dari Grobogan Jawa Tengah merupakan corak semangat nan menggelora. Itu juga berfaedah menyalakan semangat berdiri di atas kaki sendiri.

Hasto juga menyebut pembawaan obor mengajarkan kader untuk mengalahkan ambisi pada kekuasaan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Mengapa? Karena lari ini bukan hanya menyehatkan jiwa dan raga kita. Dengan lari kita bisa belajar, bahwa seorang kudu mengalahkan dirinya sendiri, mengalahkan terhadap ambisi kekuasaan, mengalahkan terhadap berbagai godaan gemerlapnya kekuasaan," tutur Hasto di Ancol, Jakarta, Kamis (23/5).

Ia menambahkan bahwa dengan berlari kader bisa belajar rasa tak menyerah. Apalagi, perjuangan itu ditujukan untuk bangsa dan negara Indonesia.

Pembawaan obor Api Abadi Mrapen sebagai simbol dimulainya Rakernas V PDIP nan bakal digelar di Beach City International Stadium (BCIS), Ancol pada 24-26 Mei 2024. Rakernas V kali ini bakal menjadi nan terakhir sebelum kongres partai nan digelar pada 2025 mendatang.

"Untuk itulah PDI Perjuangan melalui Rakernas kelima ini setelah sebelumnya kita menghadapi kegelapan kerakyatan akibat sisi-sisi gelap kekuasaan," ucap Hasto.

"Maka kami menyalakan semangat dengan berasas kepada semangat berdiri di atas kaki sendiri," imbuhnya.

Mengusung tema Satyam Eva Jayate (kebenaran pasti menang), rakernas bakal membahas sejumlah rumor strategis.

Agenda itu diantaranya mulai dari pertimbangan penyelenggaraan Pemilu dan Pilpres, pertimbangan internal, strategi pemenangan partai menghadapi Pilkada, hingga persiapan jelang Kongres partai nan bakal digelar pada 2025 mendatang.

Rakernas bakal dibuka dengan pidato Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Acara bakal dihadiri tiga pilar partai yakni, pengurus struktural, personil legislator, hingga para kepala daerah.

(mrh/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional