Pimpinan DPR 2024-2029 Resmi Ditetapkan, Puan Kembali Jadi Ketua

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Lima orang personil majelis resmi ditetapkan menjadi ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI periode 2024-2029. Ketua DPP PDIP Puan Maharani kembali menjabat sebagai ketua.

Sementara Wakil Ketua DPR dijabat oleh Adies Kadir dari Golkar, Sufmi Dasco Ahmad dari Gerindra, Saan Mustopa dari NasDem, dan Cucun Syamsurijal dari PKB.

"Apakah dapat disetujui dan diterapkan sebagai ketua dan wakil ketua DPR RI masa keanggotaan 2024-2029, saya minta pendapat, setuju?" kata Ketua Sementara DPR Guntur Sasono dalam rapat paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Setuju," jawab seluruh personil majelis nan hadir.

Regulasi soal komposisi ketua DPR ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang MPR, DPR, dan DPD alias UU MD3.

Berdasarkan UU tersebut ketua DPR terdiri dari satu orang ketua dan empat orang wakil ketua.

UU itu juga mengatur ketua DPR adalah personil DPR nan berasal dari parpol nan mendapatkan bangku terbanyak pertama di DPR.

Sementara, Wakil Ketua DPR adalah personil DPR nan berasal dari parpol nan mendapatkan bangku terbanyak kedua, ketiga, keempat, dan kelima.

Berikut daftar ketua DPR 2024-2029:

Ketua:

Puan Maharani dari Fraksi PDI-Perjuangan

Wakil Ketua:

Adies Kadir dari Fraksi Golkar
Sufmi Dasco Ahmad dari Fraksi Gerindra
Saan Mustopa dari Fraksi NasDem
Cucun Syamsurijal dari Fraksi PKB.

Sebelum ini ditetapkan fraksi-fraksi di DPR, antara lain Fraksi PDI-Perjuangan, Fraksi Partai Golongan Karya, Fraksi Partai Gerindra, Fraksi Partai NasDem.

Kemudian Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Fraksi Partai Amanat Nasional, dan Fraksi Partai Demokrat.

Sebanyak 580 personil DPR RI untuk periode 2024-2029 resmi dilantik dalam Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah Janji Jabatan pada hari ini.

Ratusan personil majelis itu berasal dari delapan partai politik ialah PDIP, Golkar, Gerindra, PKB, PAN, Demokrat, NasDem, dan PKS.

(thr/mab/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional