Hasyim Kirim Info Rahasia ke Pengadu Asusila: For Your Eyes Only

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 03 Jul 2024 20:50 WIB

Pengadu mengaku menerima pesan berkarakter rahasia dari Hasyim. Menurut pengadu, Hasyim mau menunjukan kuasanya. Ketua KPU Hasyim Asy'ari dipecat DKPP lantaran terbukti melakukan tindakan asusila. (ANTARA FOTO/BAYU PRATAMA S)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengungkap sejumlah info rahasia kepada CAT, wanita nan mengadukannya soal tindakan asusila. Ia menggunakan kalimat "for your eyes only" saat mengirimkan pesan berisi rahasia itu.

Hal tersebut terungkap dalam putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). DKPP menilai Hasyim tidak sepantasnya melakukan perihal itu.

"Apalagi disertai adanya pesan Whatsapp: 'Keep secret for your eyes only', 'for your eyes only', dan 'Not for share' menunjukkan bahwa info maupun materi nan dibagikan oleh teradu kepada pengadu berkarakter krusial dan rahasia," dikutip dari salinan putusan DKPP, Rabu (3/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Beberapa info nan dibagikan Hasyim dengan kalimat itu adalah rencana agenda perjalanan ke luar negeri. Lalu, ada pula opini Hasyim terhadap pernyataan Menko Polhukam tentang politik uang.

Pengadu mendalilkan Hasyim tak ahli dengan pernyataan itu. Ia menilai Hasyim berupaya menunjukkan relasi kuasa dengan tindakan itu.

"Bahwa menurut pengadu, chat tersebut untuk meningkatkan gambaran dan mengasosiasikan teradu dengan kekuasaan, agar pengadu merasa terkesan dengan kedudukan dan kekuasaan nan dimilikinya," tulis DKPP.

Meski begitu, DKPP menilai sebaliknya. Menurut DKPP, info nan diberikan Hasyim ke CAT adalah bahan-bahan nan terpublikasi untuk pihak lain, bukan sebuah rahasia.

"Adalah dalil nan subjektif, asumtif, manipulatif, dan terlalu dipaksakan, sehingga menjadi dalil nan tidak betul dan karenanya wajib ditolak," ujar DKPP.

Dalam kasus ini, DKPP menyatakan Hasyim melanggar etik dalam kasus asusila. Hasyim dinilai melakukan perihal itu terhadap seorang wanita personil PPLN Den Haag.

Dengan putusan itu, DKPP menjatuhkan hukuman pencopotan Hasyim dari kedudukan Ketua KPU.

(dhf/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional