Heru Budi Janji Perhatikan Aspirasi Sopir Jaklingko soal Transjakarta

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 01 Agu 2024 14:42 WIB

Pj Gubernur DKI Heru Budi berjanji bakal memperhatikan aspirasi pengemudi Jaklingko nan sempat disampaikan saat demonstrasi di depan Balai Kota DKI Jakarta. Ilustrasi. Heru Budi janji bakal memperhatikan aspirasi pengemudi Jaklingko nan sempat disampaikan dalam demonstrasi di depan Balai Kota DKI Jakarta. (CNN Indonesia/ Sakti Darma Abhiyoso)

Jakarta, CNN Indonesia --

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono janji bakal memperhatikan aspirasi pengemudi Jaklingko yang sempat disampaikan dalam demonstrasi di depan Balai Kota DKI Jakarta beberapa hari lalu.

"Yang kemarin demo, saya bakal perhatikan. Akan tetapi berdasarkan dengan patokan nan ada," kata Heru di Hotel Raffles, Jakarta Selatan, Rabu (31/7) malam.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Heru mengatakan Jaklingko telah diatur dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 63 Tahun 2020. Aturan itu tidak berubah hingga saat ini.

"Jadi jika ada keberatan, ya di bicarakan dengan Dishub, kami pasti bakal fasilitasi," tuturnya.

Ia pun menyebut Transjakarta bakal menindaklanjuti mengenai pemalsuan arsip operator Jaklingko demi bisa beraksi di Jakarta.

"Itu tugasnya Transjakarta. Transjakarta kan komisarisnya ada polisi, ada TNI. Jadi jika ada pemalsuan itu ditindaklanjuti. Karena itu kan menyerap PSO. Jadi jika mereka memalsukan dokumen-dokumen ya tentunya kelak Transjakarta bakal menindaklanjuti," jelasnya.

Ratusan pengemudi Jaklingko menggelar demonstrasi di depan Balai Kota DKI Jakarta pada Selasa (30/7). Ada delapan koperasi mitra operator program Jaklingko dan TransJakarta nan melakukan unjuk rasa. Mereka tergabung dalam Forum Komunikasi Lintas Biru (FKLB).

Mereka adalah Koperasi Komilet Jaya, Purimas Jaya, Kopamilet Jaya, Komika Jaya, Kolamas Jaya, Kodjang Jaya, PT Lestari Surya Gemapersada, dan PT Kencana Sakti Transport. Massa memprotes diskriminasi nan dilakukan Direksi TransJakarta terhadap beberapa operator mitra program Jaklingko.

Ada beberapa tuntutan nan disuarakan para pengemudi Jaklingko. Salah satunya, transparansi pembagian kuota atas penyerapan pikulan reguler berasosiasi dengan program Jaklingko nan tidak adil.

Kemudian, menghentikan politisasi program Jaklingko nan diduga dilakukan Direksi Transjakarta dengan oknum DPRD DKI nan sekaligus sebagai ketua salah satu operator mitra Jaklingko.

Lalu, mengurangi patokan dari Transjakarta nan merugikan operator dan pramudi, serta mempermudah proses peremajaan kendaraan nan tetap layak operasional.

(lna/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional