Hotman Tanya Pengacara Saka: Anda Akan Banding atau PK di Kasus Vina?

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Pengacara Hotman Paris bertanya soal upaya norma apa nan ditempuh pengacara Saka Tatal untuk membuktikan kliennya tak bersalah dalam kasus pembunuhan Vina di Cirebon.

Saka merupakan salah satu terpidana kasus pembunuhan pasangan kekasih Vina dan Eky di Cirebon, Jawa Barat. Sementara Hotman merupakan pengacara family Vina pada kasus ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pertanyaan mengenai upaya norma itu disampaikan Hotman melalui unggahan video di media sosial Instagram-nya, Sabtu (25/5).

Dalam video itu, Hotman bertanya apakah pengacara Saka mewakili kliennya mengusulkan upaya norma banding alias PK terhadap putusan pengadilan nan menghukum Saka.

Hotman lantas menyinggung pernyataan pengacara Saka nan menyatakan kliennya tidak bersalah.

"Anda mengatakan bahwa Saka itu tidak terlibat, tidak bersalah. Anda begitu lantangnya ngomong di televisi berjam-jam, tampil di TV. Tapi bolehkah, maukah Anda menjawab pertanyaan nan sangat simpel ini?" ujar Hotman.

"Sebab jika Anda tidak banding, Anda tidak PK, jika ya, maka semua pernyataan Anda menjadi gugur terpatahkan," sambung Hotman.

Pada akhir video, Hotman meminta para wartawan untuk bertanya, "Apakah Anda banding alias PK alias upaya norma apa?" kepada pengacara Saka.

Saka Tatal sebelumnya mengaku menjadi korban salah tangkap pihak kepolisian.

Saka menyatakan dirinya tidak pernah mengenal sosok kedua korban pembunuhan tersebut. Karenanya, Saka mengaku heran kenapa polisi turut menyeret dirinya dalam kasus itu.

"Sama korban saya enggak kenal, saya bingung dan takut saat itu. Karena saya dipaksa sampai dipukul, ditendang, disetrum disuruh ngaku," jelas dia kepada wartawan, Sabtu (18/5).

Saka menjelaskan penangkapan dirinya terjadi pada 31 Agustus 2016, ketika tetap berumur 15 tahun. Ia mengaku ketika itu tengah dimintai tolong oleh pamannya, Eka Sandi untuk mengisi bensin sepeda motor.

Eka merupakan salah satu pelaku di kasus pembunuhan Vina dan Eky. Ketika hendak mengembalikan motor itulah, jelas dia, terdapat sejumlah personil polisi di letak dan tengah mengamankan beberapa orang, termasuk pamannya.

Saka mengaku tak diberikan penjelasan apapun oleh abdi negara kepolisian dan langsung dibawa ke Kantor Polres Cirebon Kota berbareng nan lain.

"Motor saja belum dikasihin ke om saya, tahu-tahu langsung ditangkap. Pas nangkap enggak ada penjelasan apapun, terus saya dibawa ke Polres Cirebon Kota," kata dia.

(pop/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional