HUT RI di IKN: Ajang Unjuk Pencapaian Jokowi Pindahkan Ibu Kota

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

"Hasil kajian-kajian tersebut menyimpulkan bahwa letak ibu kota baru nan paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur."

Potongan kalimat itu disampaikan Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, 26 Agustus 2019. Diapit Wakil Presiden Jusuf Kalla dan sejumlah Menteri, hari itu, pertama kalinya Jokowi mengumumkan letak ibu kota baru.

Dalam perjalanannya, rapat paripurna DPR pada Januari 2022 kemudian mengesahkan Undang-undang tentang Ibu Kota Negara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Beberapa bulan kemudian alias Maret 2022, Jokowi untuk pertama kalinya menyambangi IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim). Lawatan Jokowi itu merupakan simbol dimulainya pembangunan ibu kota baru.

Layaknya proyek bangun candi permintaan Roro Jongrang kepada Bandung Bondowoso. Pemerintah mengebut pembangunan di IKN seiring kemauan Presiden Jokowi menggelar upacara peringatan HUT kemerdekaan ke-79 RI di kota tersebut.

Jokowi selalu menyatakan kemauan itu setiap mengunjungi IKN. Seluruh lini pun dikerahkan. 

Meski belakangan pemerintah menyiapkan dua letak upacara.

Presiden Jokowi dan Presiden terpilih Prabowo Subianto bakal upacara peringatan HUT kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia 17 Agustus di IKN.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka bakal upacara di Jakarta.

Sebelum menggelar upacara 17 Agustus, pemerintah mengungkap rencana Jokowi untuk berkantor di IKN. Segala perihal kemudian disiapkan, mulai dari air hingga listrik. Begitu juga dengan furniture untuk instansi presiden.

Akhir Juli, untuk pertama kalinya Jokowi berkantor di IKN. Di sisi lain pengerjaan IKN saat itu terus berlangsung.

Jokowi bercerita para pekerja kerap berakhir sejenak melanjutkan pekerjaan saat dirinya hendak meninjau area lantaran protokol keamanan dari Paspampres.

"Ke sananya itu lewat orang bekerja, kelak berakhir semua. Paspampres itu, saya lewat di...maksud saya nan kerja biar kerja, saya lewat saja tidak bisa," kata Jokowi.

Sehari bermalam di IKN, Jokowi menyebut kesiapan akomodasi kebutuhan primer seperti listrik dan air sudah terpenuhi.

Presiden Joko Widodo meninjau langsung kesiapan lapangan upacara nan bakal digunakan dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu, 5 Juni 2024. Presiden menyebut bahwa persiapan jelang HUT ke-79 sudah nyaris selesai. ( Vico - Biro Pers Sekretariat Presiden)Presiden Joko Widodo meninjau langsung kesiapan lapangan upacara nan bakal digunakan dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. (Vico - Biro Pers Sekretariat Presiden)

"Tidak ada masalah. Air melimpah, listrik oke, internet bagus," kata Jokowi, Senin (29/7).

Meski begitu, Jokowi sempat mengaku tidak bisa tidur nyenyak. Belakangan perihal itu disebut lantaran ada masalah pada pendingin ruangan namalain air conditioner (AC).

"Enggak nyenyak. Saya ngomong apa adanya," ujar Jokowi.

Seiring dengan rencana menggelar upacara di IKN, sejumlah prasarana pendukung disiapkan.

Jokowi sudah meresmikan Jembatan Pulau Balang nan merupakan akses dari Balikpapan menuju ke IKN. Sebanyak 14 rumah menteri juga sudah siap huni.

Gedung Kementerian Koordinator di IKN dilaporkan juga selesai sebagian. Gedung Kemenko rencananya bakal difungsikan untuk mendukung keperluan upacara 17 Agustus.

Meski begitu, Bandara VVIP di IKN belum bisa digunakan karena landasan pacu (runway) airport tersebut tetap kurang 300 meter.

Dalam kesempatan saat berkantor di IKN Juli lalu, Jokowi juga menamai gedung Kantor Presiden di IKN sebagai Istana Garuda. Sementara Istana Kepresidenan IKN dinamai Istana Negara.

Jokowi melalui akun media sosialnya juga mengunggah foto ruang kerja di IKN.

Di media sosial, netizen menyerbu postingan Jokowi itu. Banyak nan mempersoalkan finishing di ruang kerja Jokowi nan dinilai tidak rapi.

Tidak hanya itu, sebagian publik juga mempertanyakan warna Istana Garuda nan seperti perunggu, bukan hijau seperti kreasi awal.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat nan juga Plt Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Basuki Hadimuljono memastikan kreasi Istana Garuda di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tidak berubah.

Basuki menegaskan rancangan gedung bakal sama seperti kreasi akhir karya arsitek I Nyoman Nuarta.

"Kalau menurut Pak Nyoman Nuarta itu kelak jika kena oksidasi itu jadi hijau," kata Basuki di Kantor Kemensetneg Jakarta, Selasa (6/8).

Basuki menyebut kondisi oksidasi di Istana Garuda kurang lebih bakal sama dengan proses oksidasi patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali.

Sementara itu, hingga awal Agustus lalu, Pemerintah menyatakan persiapan upacara peringatan HUT ke-79 RI di IKN sudah lebih dari 90 persen.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong percaya pada 17 Agustus 2024, semuanya sudah siap.

Berlanjut ke laman berikutnya...


Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional