ICW: Kasus Jet Kaesang Bisa Ditelusuri ke Dugaan Gratifikasi Keluarga

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Kurnia Ramadhana menilai penggunaan private jet oleh Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep sepatutnya ditelusuri lewat dugaan gratifikasi terhadap para penyelenggara negara di lingkaran family Kaesang.

Kaesang adalah putra bungsu Presiden Joko Widodo sekaligus adik dari wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka. 

Beberapa pekan terakhir Kaesang disorot publik setelah istrinya mengunggah foto sayap pesawat terbang dalam perjalanan ke Amerika Serikat. 

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lewat unggahan itu Kaesang diduga pergi ke AS menggunakan jet pribadi. 

"Maka dari itu, dugaan gratifikasi kudu ditelusuri mengenai penyelenggara negara nan ada di sekitar Kaesang. Itu enggak bisa dilepaskan," kata Kurnia dalam aktivitas Political Show CNN Indonesia, Senin (9/9) malam.

Kurnia menilai dugaan gratifikasi penggunaan jet pribadi ini tak hanya menyangkut Kaesang.

Dia berbicara family Kaesang dipenuhi dengan para penyelenggara negara nan tetap aktif. Semisal ayahnya Joko Widodo merupakan presiden, kakaknya Gibran Rakabuming Raka merupakan wapres terpilih dan kakak iparnya berstatus wali kota Medan.

"Yang kami yakini ini bukan hanya mengenai Kaesang seorang wiraswasta. Tak ada masalah tadi. Tapi family Kaesang ini dipenuhi dengan penyelenggara negara," kata dia.

Di sisi lain, Kurnia juga mengatakan ada bentrok kepentingan mengenai penggunaan jet pribadi oleh Kaesang apapun alasannya. Ia menilai sudah semestinya Kaesang peka dengan kondisi semacam ini dan tak melakukannya.

"Harusnya Kaesang peka dengan itu. Apakah jika Kaesang bukan anak Jokowi kemudian orang itu bakal ajak Kaesang alias tidak? Pembuktiannya ada di abdi negara penegak hukum," kata dia.

Kurnia mengajak publik memandang peristiwa di masa lalu. Menurut dia, dulu mantan Menteri Kehakiman Djody Gondokusumo sempat diproses norma lantaran pembantunya menerima suap.

Kasus Djody semestinya bisa diambil pelajaran family alias orang dekat para pejabat aktif bahwa mereka bisa terkena jerat norma jika bersalah melakukan tindakan korupsi.

"Jadi apalagi jika dalam konteks keluarganya Kaesang," kata dia.

Kaesang sejauh ini belum memberikan penjelasan apapun. Sementara itu Relawan Jokowi Mania, Immanuel Ebenezer (Noel) mengaku menerima info bahwa Kaesang menumpang jet pribadi temannya nan seorang anak pengusaha.

Menurut Noel, Kaesang tidak menyewa jet pribadi, melainkan diajak temannya ke Amerika Serikat.

"Bukan menyewa. Enggak ada. Info nan saya dapat pemilik private jet itu kawannya Kaesang. Dan Mas Kaesang diajak ke Amerika," kata Noel dalam aktivitas Political Show CNN Indonesia.

"Bukan meminjamkan. Jadi anak ini nan punya private jet ini mau ke Amerika. Mas Kaesang diajak nebeng. Salah alias tidak itu orang itu?" kata Noel lagi.

[Gambas:Video CNN]

(wis)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional